Mahfud MD Buka Isi Obrolan Jokowi dan Joe Biden, Isinya Soal Korupsi

Indonesia dinilai jadi negara tertinggi penangan korupsi

Kabupaten Bogor, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD membahas sejumlah faktor yang menghambat pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Salah satunya, tindakan kasus korupsi yang dilakukan pejabat.

"Kemudian, korupsi, ini menjadi hambatan bagi kita. Banyak kalau kita lihat di tempat kita hampir setiap saat terjadi," kata dia saat jadi pembicara dalam acara diskusi di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan Forkopimda tahun 2023, Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Selasa (17/1/2023).

1. Pembicaraan Jokowi dengan Presiden AS soal penanganan korupsi

Mahfud MD Buka Isi Obrolan Jokowi dan Joe Biden, Isinya Soal KorupsiMenteri Koordinator bidang politik, hukum dan keamanan, Mahfud MD (www.instagram.com/@mahfudmd)

Kemudian Mahfud menjelaskan, pembicaraannya dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Dalam kesempatan itu, dia mengakatan, Jokowi sempat berbicara dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden terkait kasus korupsi di Indonesia.

"Tadi presiden waktu berbicara sedikit dengan saya, 'coba katanya Pak Menko, saya pernah bicara dengan Presiden Amerika, tidak ada di dunia ini negara yang menangkap para koruptor lebih besar dari Indonesia terhadap pejabat-pejabat tingginya'. Ketua DPR masuk, Wakil Ketua DPR masuk, menteri masuk, gubernur masuk, wali kota, bupati, sampai DPRD. Tidak ada yang sebanyak seperti di Indonesia," ujar dia.

Baca Juga: Tanggapi Capres yang Akan Diusung PDIP, Begini Kata Ganjar

2. Indeks persepsi korupsi masih buruk

Mahfud MD Buka Isi Obrolan Jokowi dan Joe Biden, Isinya Soal KorupsiMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD dalam acara Rakornas Kepala Daerah 2023 di Sentul, Jawa Barat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Meski penanganan dan penangkapan kasus korupsi di Indonesia terbilang tinggi, tetapi sayangnya indeks persepsi korupsi di Indonesia tidak membaik. Penilaian tersebut juga berlaku di sejumlah lembaga penegakan hukum lainnya.

"Tetapi indeks persepsi korupsi kita tidak membaik, kadang kala turun tapi naik lagi, sama dengan penegakan hukum lainnya," tutur Mahfud.

Baca Juga: Jokowi Kesal Nama IMB Berubah: Yang Penting Bukan Nama, Cepat Selesai!

3. Kemendagri gelar rakornas kepala daerah, bahas pertumbuhan ekonomi

Mahfud MD Buka Isi Obrolan Jokowi dan Joe Biden, Isinya Soal KorupsiMenteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam sambutan pembukaan Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor pada Selasa (17/1/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebagaimana diketahui, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rakornas dan Forkopimda tahun 2023 di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor pada hari ini, Selasa (17/1/2023).

Mendagri Tito Karnavian memastikan gelaran acara tersebut digelar atas arahan langsung dari Presiden Jokowi. 

"Menindaklanjuti arahan bapak presiden pada hari Jumat tanggal 6 Januari 2023 kepada kami, pada hari ini diselenggarakan rapat koordinasi nasional yang dihadiri oleh pemerintah pusat dan daerah," ujar Tito di lokasi, Selasa (17/1/2023).

Mantan Kapolri ini menjelaskan, acara tersebut digelar dengan tujuan membahas kondisi pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi menghadapi ancaman resesi global 2023.

"Rakornas digelar dengan tema penguatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi," kata Tito.

Pantauan IDN Times di lokasi, acara tersebut dihadiri beberapa pejabat pemerintahan, di antaranya Menkominfo Johnny G Plate, Menhan Prabowo Subianto, Menkeu Sri Mulyani, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Menhub Budi Karya Sumadi, Mentan Syahrul Yasin Limpo, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, MenPANRB Azwar Anas, Kepala Bappenas Soeharso Monoarfa, Gubernur BI Perrywarjio, hingga KSAD Dudung Abdurrachman.

Kemudian ada pula, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menkopolhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Panglima TNI Yudo Margono, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, dan pejabat lainnya.

Baca Juga: Ini Bisikan Joe Biden yang Bikin Jokowi Adem Saat KTT G20 Bali

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya