Comscore Tracker

Massa Mulai Padati Gedung DPR, Lalin Tersendat

Jumlah pengunjuk rasa masih bisa bertambah

Jakarta, IDN Times - Ribuan massa yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) mulai memadati depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat. Mereka hendak melakukan aksi penyampaian pendapat, dalam peringatan Hari Tani Nasional.

Pantauan IDN Times di lokasi, massa mulai berdatangan sekitar pukul 09.50 WIB. Banyak di antara mereka mengenakan atribut petani, seperti pakaian tradisional lengkap caping dari anyaman. Selain itu, mereka juga membawa bendera bertuliskan Komite Nasional Pembaruan Agraria (KNPA).

Terlihat puluhan bus yang membawa ribuan peserta aksi, sempat melewati depan Gedung DPR. Tampak pada bus itu terpampang spanduk bertuliskan KNPA dari berbagai daerah, seperti Jawa Barat, Lampung, Jawa Tengah, dan lainnya.

Akibat dari aksi penyampaian pendapat tersebut, lalu lintas di kawasan Gatot Subroto menuju ke arah Slipi terpantau tersendat. Terdengar pula sesekali pengendara membunyikan klakson.

Juru Bicara Gebrak, Nining Elitos, memastikan masih banyak demonstran yang bakal hadir ke titik pusat aksi.

"Ini kawan-kawan kami, sebagian masih ada yang di perjalanan menuju ke Gedung DPR," ujar dia saat ditemui di lokasi, Selasa (27/9/2022).

Aksi massa kali ini merupakan bentuk peringatan Hari Tani Nasional yang jatuh bertepatan pada Sabtu (24/9/2022).

Dalam agenda kali ini Gebrak membawa tiga tuntutan utama. Pertama, adalah fokus utama yang berkaitan dengan Hari Tani Nasional yaitu ihwal reforma agraria. Kemudian, disusul dengan tuntutan menolak kenaikan tarif Bahan Bakar Minyak (BBM), dan pencabutan Omnimbus Law.

"Aksi ini barengan juga dengan Gerakan Buruh Bersama Rakyat dan Komite Nasional Pembaruan Agraria (KNPA) karena 24 September kemarin Hari Tani, sekaligus menuntut keterkaitan dengan kepentingan masyarakat hari ini," kata Nining.

Baca Juga: Sepuluh Ribu Massa Diprediksi Gelar Demo di DPR, Ini Tuntutannya

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya