Megawati Ingatkan Kader PDIP Tak Terbius Hasil Survei

Megawati imbau kader PDIP jangan berada di zona nyaman

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, meminta kader partainya tidak hanya berfokus pada hasil elektabilitas sebuah lembaga survei.

Megawati mengingatkan, kadernya tidak boleh terjebak dalam zona nyaman hanya karena elektabiltas PDIP selalu teratas dalam berbagai survei. Menurut dia, jika kader seperti itu, maka tandanya harus bersiap-siap dikeluarkan dari PDIP.

"Apakah karena melihat PDI Perjuangan sekarang dalam surveinya selalu paling tinggi, lalu mereka berpikir saya masuk PDI Perjuangan karena saya bisa rasakan nantinya ada zona nyaman di sini. Maka saya akan selalu mengatakan orang itu mundur dari PDI Perjuangan, tidak ada gunanya," kata Megawati dalam pidato sambutan di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDIP Tahun 2021, Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022).

1. PDIP harus mengorganisir kekuatan rakyat

Megawati Ingatkan Kader PDIP Tak Terbius Hasil SurveiKader PDIP Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) bersama para Kepala dan Wakil Kepala Daerah di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (17/6/2022). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Megawati mengatakan, PDIP didirikan untuk mengorganisir kekuatan rakyat. Maka dari itu, apabila ada kader yang tidak setuju dengan ideologi partai, maka sebaiknya diminta untuk mundur.

"Karena saya membentuk partai ini adalah kita bisa mengorganisir kekuatan rakyat menjadi solid, bersama kita untuk maju ke depan bagi Indonesia Raya. Jadi kalau ada yang tidak setuju, kali ini seperti yang selalu saya katakan (di hadapan) Pak Jokowi , silakan mundur," ujar Megawati.

Baca Juga: Megawati dan Jokowi Tiba di Rakernas PDIP

2. Kader PDIP diimbau jangan berfokus pada hasil survei

Megawati Ingatkan Kader PDIP Tak Terbius Hasil SurveiIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Dia juga menegaskan kepada para kader PDIP untuk tidak hanya berfokus pada hasil survei elektabilitas. Sebab yang utama adalah gerak partai politik di tengah rakyat.

"Saya selalu mengatakan apa kehendak kalian untuk masuk dalam PDI Perjuangan? Apa satu, karena tahu PDI Perjuangan, kalau dilihat dari survei, selalu tinggi? Tapi saya selalu mengatakan, jangan selalu lihat survei. Survei boleh dilihat, tapi jangan dijadikan pegangan utama. Karena yang bergerak itu bukan survei, tapi adalah kita sendiri," ujar Megawati menuturkan.

3. Rakernas PDIP dihadiri Ganjar dan sejumlah pejabat lain

Megawati Ingatkan Kader PDIP Tak Terbius Hasil SurveiGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wasesa)

Sebagai informasi, dalam acara Rakernas PDI Perjuangan tampak hadir di lokasi, Presiden Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menseskab Pramono Anung, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua DPR RI Puan Maharani serta beberapa petinggi partai lainnya.

Diketahui nama Ganjar belakangan heboh diperbincangkan publik terkait dukungan maju sebagai capres di 2024. 

Terbaru, Partai NasDem mengumumkan tiga nama yang diusung sebagai capres, salah satunya Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Elite PDIP Ungkap Pandangan Internal Partai ke Ganjar Pranowo

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya