Megawati Tinjau Lokasi Kebakaran di Museum Nasional

Megawati tiba sekitar pukul 15.05 WIB

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Megawati Soekarnoputri, meninjau langsung lokasi kebakaran di Museum Nasional, Jakarta Pusat.

Pantauan IDN Times di lokasi, Megawati bersama rombongan tiba sekitar pukul 15.05 WIB.

Presiden RI kelima itu sempat menyapa awak media yang meliput dari luar pagar Museum Nasional. Dia datang menaiki mobil dengan pelat B 42.

Baca Juga: Polisi: CCTV Museum Nasional Tak Tangkap Titik Munculnya Api 

1. Polisi: CCTV Museum Nasional tak tangkap titik api muncul

Megawati Tinjau Lokasi Kebakaran di Museum NasionalMuseum Nasional/Museum Gajah (IDN Times/Rochmanudin)

Sebelumnya, Museum Nasional mengalami kebakaran hebat pada Sabtu (16/9/2023) malam. Pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran.  

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Komarudin, mengatakan, titik api penyebab kebakaran di Museum Nasional Indonesia tidak terekam CCTV (Closed Circuit Television).

“Dari tayangan CCTV yang ada itu, CCTV tidak langsung memperlihatkan ke titik (api) tersebut, hanya terlihat warna kemerahan yang ada pada bagian belakang museum,” kata dia kepada awak media, Selasa (19/9/2023).

Rekaman yang ada, kata dia, hanya menjadi petunjuk saja dalam kasus kebakaran tersebut.

Baca Juga: Kebakaran Museum Nasional Momentum Bentuk UU dan Lembaga Permuseuman

2. Sudah ada 21 saksi dan penanganan barang hangus

Megawati Tinjau Lokasi Kebakaran di Museum NasionalPinterest/Carlos Braga

Dalam mengungkap kebakaran yang terjadi di Museum Nasional, polisi sudah memeriksa 21 saksi.

Sedangkan dalam penanganan barang bukti, pihaknya sudah mengamankan barang-barang yang hangus. Adapun polisi baru bisa masuk ke dalam lokasi kebakaran usai diizinkan oleh labfor.

“Sejak kemarin sudah dilakukan (pengamanan barang yang hangus) dan hari ini masih berlanjut. Karena per kemarin kami baru diizinkan masuk oleh labfor. Karena belum semua ruangan, hanya sebagian. Karena labfor masih melakukan pendalaman, jadi masih sebagian ruangan yang dibersihkan,” kata dia.

Baca Juga: Museum Nasional Kebakaran, Pengelola Fokus Amankan Koleksi

3. Polisi cek apakah ada barang yang hilang

Megawati Tinjau Lokasi Kebakaran di Museum NasionalKapolres Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan sembilan orang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus klinik aborsi ilegal. (IDN Times/Amir Faisol)

Komarudin mengatakan, polisi juga memperhatikan beberapa hal dalam mengungkap penyebab kebakaran tersebut. Termasuk melihat apakah ada barang yang hilang dari museum.

“Kami juga melakukan pendalaman untuk mencari tahu ada atau tidak barang yang hilang dari museum,” kata dia.

Dia menjelaskan, dalam pengungkapan kasus kebakaran, satu hal yang paling penting adalah mengetahui titik apinya terlebih dahulu.

Selain itu, penanganan di museum nasional terbilang berbeda karena merupakan tempat bersejarah.

“Berbeda dengan kasus di tempat lain. Perbedaannya kan ini benda bersejarah yang tentunya ada faktor lain yang harus kita ketahui, kita dalami ada atau tidaknya barang yang hilang di sana,” katanya.

Baca Juga: Museum Nasional Kebakaran, Polisi Akan Proses Hukum Bila Ada Pidananya

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya