Soal Isu Capres Tampar Wamen, Jokowi: Tak Ada Peristiwa Itu

Jokowi menyebut isu serupa itu kerap muncul di tahun politik

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo tersenyum ketika ditanya mengenai isu calon presiden (capres) menampar dan menyekik wakil menteri saat rapat terbatas (ratas). Jokowi memastikan peristiwa itu tidak terjadi.

"Setahu saya tidak ada peristiwa seperti itu, masa nyekek," ujar Jokowi di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (19/9/2023).

Jokowi menambahkan, isu yang menyudutkan capres tertentu kerap muncul pada tahun politik. Eks Gubernur DKI Jakarta itu meminta masyarakat berhati-hati menerima informasi.

"Memang tahun politik itu banyak berita-berita seperti itu, tolong di-cross check, di-cross check kebenarannya jangan diterima mentah-mentah setiap ada berita," kata dia.

Sebelumnya, Kata Wakil Menteri menjadi perbincangan di media sosial sepanjang Senin (18/9/2023). Hal itu dipicu dari narasi sebuah akun media sosial yang menyebut, ada seorang wakil menteri yang baru-baru ini menerima tindak kekerasan dari bakal capres di ruang rapat kabinet di Istana Kepresidenan. 

Narator di video tersebut, Alifurrahman Asyari, mengaku tidak menyaksikan aksi tindak kekerasan dari bakal capres ke wamen tersebut. Alifurrahman mengaku diceritakan ulang oleh salah satu staf yang menyaksikan peristiwa kekerasan tersebut. 

Alifurrahman juga tidak menyebut wamen dari kementerian mana yang disebut-sebut dicekik dan sempat ditampar itu. Ia hanya mengatakan, pekerjaan yang bersifat lintas kementerian tidak dibantu oleh menteri yang juga jadi capres tersebut. Padahal, program yang harus dikerjakan oleh bakal capres itu adalah instruksi langsung dari Presiden Jokowi.

Di saat bersamaan, Kementan mengeluarkan pernyataan tertulis bahwa Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi, tidak pernah terjadwal hadir di rapat terbatas di Istana dalam kurun waktu 10 hari terakhir.

"Sehubungan dengan beredarnya pemberitaan Wakil Menteri Pertanian saat mengikuti rapat terbatas di Istana Negara, Kementan mengatakan bahwa tidak benar perihal kehadiran Wamentan dalam kegiatan tersebut," ujar Ketua Kelompok Substansi Pemberitaan dan Strakom, Setjen Kementan, Arief Cahyono, kepada IDN Times melalui pesan pendek, Senin (18/9/2023).

Baca Juga: Bantah Prabowo Tampar Wamen, Gerindra: Upaya Tutupi Isu Lain

Baca Juga: Prabowo Diisukan Tampar Wakil Menteri, Jubir: Itu Hoaks dan Fitnah!

Baca Juga: Ramai Isu Wamen Ditampar Capres, Kementan: Wamentan Tak Hadir di Ratas

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya