Mendagri Lantik Agus Fatoni Jadi Penjabat Gubernur Sumsel

Pelantikan digelar hari ini di Kantor Kemendagri

Jakarta, IDN Times - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik Agus Fatoni menjadi penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel).

Pelantikan itu digelar di Kantor Kemendagri pada hari ini, Selasa (2/10/2023) pagi.

Pelantikan Pj Gubernur tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 73/P Tahun 2023 tentang Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur masa jabatan Tahun 2018 sampai 2023. Kemudian juga, 74/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Pj Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Saya bersumpah, saya berjanji akan memenuhi kewajiban saya sebagai Pj gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa," kata Tito memandu pembacaan sumpah, diikuti Agus.

Agenda tersebut kemudian dilanjut dengan penyematan tanda pangkat di masing-masing Pj Gubernur.

Diketahui, Agus Fatoni saat ini menjabat sebagai Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri.

Pria kelahiran Bahuga, Way Kanan, Provinsi Lampung, 6 Juni 1972 itu merupakan lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 1994 atau angkatan ke-3. Agus mengawali karier birokratnya sebagai sebagai ajudan Gubernur Lampung periode 1995-1997.

Adapun jabatan lain yang pernah dijabat Agus Fatoni, di antaranya menjadi Kepala Biro Administrasi Pimpinan Kemendagri.

Kemudian Plt Sekretaris Fasilitasi Kerjasama, Sekretaris Korpri, Kepala Sekretaris Pribadi Mendagri.

Lalu, dia juga pernah dipercaya sebagai Kepala Bagian Protokol, Kepala Subdit Dana Bagi Hasil (DBH) Direktorat Fasilitasi Dana Perimbangan Ditjen Bina Keuangan Daerah. Selanjutnya, Kepala Seksi Otsus Papua, Papua Barat dan DIY, dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Badan Litbang) Kemendagri.

Pada 2020, Mendagri juga sempat menunjuk Agus Fatoni menjadi Pjs Gubernur Sulawesi Utara menggantikan Olly Dondokambey. Kala itu Olly melaksanakan cuti kampanye Pilkada Provinsi Sulawesi Utara.

Baca Juga: Mendagri Resmi Lantik Lalu Gita Ariadi Jadi Pj Gubernur NTB

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya