Menteri Jokowi: Duet Puan-Anies 2024 Bisa Menang Sekali Putaran

Keduanya dinilai figur yang cocok dan saling melengkapi

Jakarta, IDN Times - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, menyebut pasangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Ketua DPR RI Puan Maharani bakal memenangkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Bahkan, duet Puan-Anies dinilai akan menang dalam sekali putaran saja.

"Itu pasangan bagus itu, bisa satu kali putaran itu pasangan," kata Bahlil, ketika menghadiri konferensi pers survei nasional yang diselenggarakan secara daring Indikator Politik Indonesia, Senin (11/7/2022).

1. Bahlil sebut Puan dan Anies sebagai figur muda dan cerdas

Menteri Jokowi: Duet Puan-Anies 2024 Bisa Menang Sekali Putaran

Bahlil menilai skenario bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden 2024-2029, Puan dan Anies sebagai tokoh yang saling melengkapi. Menurut dia, keduanya merupakan sosok figur muda dan cerdas, sehingga layak menjadi calon pemimpin Indonesia.

"Kalau ditanya tentang pasangan Mas Anies atau Mbak Puan, saya pikir setuju dengan Mas Burhan, ini keduanya figur muda dan cerdas," ujar Bahlil.

Baca Juga: Gema Puan Sebut Ada Buzzer Adu Domba Puan Maharani dan Ganjar Pranowo

2. Potensi terjalinnya rekonsiliasi nasional menyatukan masyarakat

Menteri Jokowi: Duet Puan-Anies 2024 Bisa Menang Sekali PutaranIlustrasi kampanye (IDN Times/Galih Persiana)

Dia juga mengatakan, duet keduanya bisa jadi rekonsiliasi nasional, yang menengahkan hubungan antara cebong dan kampret.

"Satu hal menurut saya, ini bisa jadi rekonsiliasi nasional, penggabungan antara cebong dan kampret. Ini kan dua-duanya paten juga, bagus juga, Saya pikir kalau ada surveinya bagus itu toplah," kata Bahlil.

"Aku setuju sama Bang Burhan (Direktur Eksekutif Burhanuddin Muhtadi) aja. Tapi yang lain juga baguslah, yang lain juga bagus ya, kita ikut saja," sambung dia.

3. Puan-Anies merupakan pasangan kombinasi unik

Menteri Jokowi: Duet Puan-Anies 2024 Bisa Menang Sekali PutaranIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menuturkan, Puan dan Anies merupakan pasangan yang unik apabila maju pada Pemilu 2024 mendatang.

Mengingat Puan merupakan sosok politikus yang menaungi partai sekelas PDI Perjuangan dan mampu mengusung calon presiden (capres) tanpa berkoalisi. Kemudian, Anies merupakan akademisi nonparpol yang punya latar belakang sebagai kepala daerah.

"Dari sisi latar belakang juga punya keduanya merupakan kombinasi yang unik. Puan itu politisi, Ketua DPR yang juga pernah jadi Menko. Kemudian Anies adalah akademisi yang sekarang menjadi kepala daerah," kata Burhanuddin.

Di sisi lain, Anies dan Puan sama-sama memiliki garis keturunan berdarah pahlawan nasional.

"Keduanya juga punya keturunan yang sama-sama cucu pahlawan nasional," ujar Burhanuddin.

Baca Juga: Anies Baswedan dan Kepala Daerah dari PKS Sumbang Sapi Kurban ke DPP

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya