NasDem Ungkap Momentum yang Tepat Buat Umumkan Cawapres Anies

Anies sudah pegang nama cawapres, tinggal diumumkan

Jakarta, IDN Times - Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat, Saan Mustopa mengungkapkan momen yang tepat untuk mengumumkan nama calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Saan menjelaskan soal rencana nama cawapres yang diumumkan setelah Anies pulang dari ibadah haji. Dia mengatakan, pengumuman itu tidak ada batas waktu pastinya kapan. Oleh sebab itu, Koalisi Perubahan untuk Perbaikan (KPP) menunggu momentum yang tepat untuk deklarasikan cawapres.

Baca Juga: Elektabilitas Anies Rendah Efek Tingginya Kepuasan Kinerja Jokowi

1. Momentum yang tepat perlu ada kesempatan dan kesiapan

NasDem Ungkap Momentum yang Tepat Buat Umumkan Cawapres AniesKetua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa (Dok. IDN Times)

Saan menjelaskan yang dimaksud momentum tepat tersebut. PKS, Demokrat, dan NasDem masih terus berkomunikasi menentukan kapan momentum yang ideal umumkan cawapres.

Hanya saja, kata Saan, momentum itu tidak bisa diprediksi. Bahkan bukan tidak mungkin, waktunya datang begitu saja secara mendadak.

"Nanti kita cari momentumnya kapan mengumumkan. Yang namanya momentum kan begini, nggak bisa kita prediksi. Momentum itu kan istilahnya dia seperti kilat suka datang tiba-tiba. Tinggal bagaimana kita menangkapnya. Paling penting ada kesempatan dan kesiapan," ujar Saan dalam acara #GenZMemilih bertajuk Siapa Cawapres Potensial Anies? di Studio IDN Media, Jakarta Pusat, dikutip Jumat (21/7/2023).

Baca Juga: AHY: Keputusan Cawapres Sudah Final di Tangan Anies Baswedan

2. Momentum umumkan cawapres Anies bukan di acara internal parpol

NasDem Ungkap Momentum yang Tepat Buat Umumkan Cawapres AniesPKS resmi deklarasikan Anies Baswedan sebagai bacapres di 2024 (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Saan juga menuturkan, momentum deklarasi nama cawapres Anies itu tidak akan disampaikan dalam acara internal parpol yang tergabung dalam KPP. Sehingga tak menimbulkan kesan berpihak atau ditekan salah satu parpol.

"Itu nama cawapresnya sudah satu nama tinggal dikeluarkan atau diumumkan saja nah dikeluarkan itu kan mencari momentum tentu momentumnya nggak bisa juga di acara internal. Kan kalau di acara internal partai misalkan itu disampaikan, sana kan nanti ada monopoli dari partai tertentu," ucap dia.

Baca Juga: Respons Anies soal Jokowi Tanya Cawapres ke Surya Paloh

3. Cawapres Anies akan diumumkan dalam acara bersama tiga parpol KPP

NasDem Ungkap Momentum yang Tepat Buat Umumkan Cawapres AniesKetua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa (Dok. IDN Times)

Lebih lanjut, sebagai bentuk soliditas KPP, pengumuman cawapres Anies akan disampaikan dalam acara yang dibuat oleh PKS, NasDem, dan Demokrat.

"Pastikan ingin mau ada momentum yang dibuat acara ketiga parpol koalisi supaya tiga-tiganya menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Akan mengumumkan cawapres juga harus didesain oleh ketiga partai bukan di acara salah satu internal partai," tutur Saan.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya