Partai Buruh Kritik Sipol Tidak Ideal, KPU: Itu Dialektika Komunikasi

KPU tak permasalahkan kritikan parpol soal Sipol

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menanggapi kritikan yang dilayangkan Partai Buruh, terkait rumitnya Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Anggota KPU, Idham Holik, menuturkan Partai Buruh sejauh ini sudah memasukkan data ke Sipol. Bahkan, data yang diunggah terbilang sudah banyak.

"Sepengetahuan saya, data yang di-upload partai tersebut sudah cukup banyak. Artinya, partai tersebut terus upload data," ujar Idham di kantor KPU RI, Senin (25/7/2022) malam.

Baca Juga: Keluhkan Sulitnya Input Data, Partai Buruh: Sipol KPU Gak Ideal!

1. KPU wajarkan parpol kritik Sipol

Partai Buruh Kritik Sipol Tidak Ideal, KPU: Itu Dialektika KomunikasiTampilan akses Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). (IDN Times/Yosafat Diva)

Kendati, Idham menilai, kritikan soal Sipol tidak menjadi permasalahan yang perlu diributkan. 

"Tapi gak apa-apa, itu bagian dari mekanisme dialektika komunikasi," ucap dia.

2. Partai Buruh sebut Sipol tak ideal

Partai Buruh Kritik Sipol Tidak Ideal, KPU: Itu Dialektika KomunikasiRapat KPU, Bawaslu, dan partai politik terkait Agenda Rakor Pembahasan SIPOL. (IDN Times/ Yosafat Diva)

Sebelumnya, Ketua Tim Khusus Pemenangan Partai Buruh Said Salahudin mengatakan pihaknya kesulitan menginput data Sistem Informasi Partai Politok (Sipol) Pemilu 2024.

Dia menjelaskan Partai Buruh kesulitan dalam melakukan migrasi data ke Sipol. Menurutnya, Sipol yang digunakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tidak ideal.

"Persoalannya, kenapa semua data kami belum bisa semuanya bermigrasi ke Sipol? Karena a KPU tidak ideal," kata Sahid di Kantor Mahkamah Konstitusi (MK) RI, Senin (25/7/2022).

Padahal, kata Said, Partai Buruh sudah mempersiapkan input data Sipol dari jauh-jauh hari. Dia pun mengklaim jadi salah satu parpol yang paling siap melengkapi data di Sipol, namun sayangnya masih merasa kesulitan mengunggah data ke Sipol.

"Kami merancang Sipol Partai Buruh sejak bulan Desember 2021. Kami rancang itu untuk hari ini, sehingga barangkali jika dibandingkan partai lain kami lebih siap, karena kami sudah siapkan 8 bulan lalu. Semua dokumen apapun yang KPU butuhkan untuk dimasukkan ke Sipol sudah kami punya," tutur dia.

Baca Juga: Partai Buruh Gugat UU Pemilu ke MK Hari Ini

3. Metode Sipol sulitkan Partai Buruh

Partai Buruh Kritik Sipol Tidak Ideal, KPU: Itu Dialektika KomunikasiKoordinator Kuasa Hukum Partai Buruh Said Salahudin di Mahkamah Konstitusi (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Said menyayangkan metode Sipol KPU yang justru menyulitkan Partai Buruh. Seharusnya, Sipol memberikan kemudahan partai politik calon peserta pemilu dalam menginput data. Salah satunya dengan memasukkan data langsung dalam bentuk berbagai jenis dokumen.

"Yang namanya Sipol, berarti kalau anda punya data tinggal kirim ke Sipol. Sesimpel itu tapi KPU enggak. Karena dalam membuat Sipol ini dia buat beberapa metode. Satu, soal data keanggotaan parpol. Itu kita buat di dalam excel, kemudian dokumennya di simpan di dalam hardisk, kemudian hardisk nya dikirim ke KPU. Seperti manual," kata dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya