Pengamat: Jika Sandiaga Jadi Pindah, PPP Sangat Diuntungkan

Sandiaga bisa menambah kekuatan PPP di 2024

Jakarta, IDN Times - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dinilai jadi pihak yang paling diuntungkan apabila Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno jadi berpindah dari Gerindra.

Sebagaimana diketahui, isu kepindahan Sandiaga Uno ke PPP diungkapkan langsung oleh Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Setelah Dasco mengatakan Sandiaga akan gabung ke PPP dalam waktu dekat, pernyataan itu langsung dibantah Sandiaga.

Baca Juga: Sandiaga Ungkap Penyebab Dituding Gabung PPP

1. Menambah kekuatan PPP jelang 2024

Pengamat: Jika Sandiaga Jadi Pindah, PPP Sangat DiuntungkanIDN Times/Irfan Fathurohman

Pengamat Politik dari Citra Institute, Efriza mengatakan, jika isu tersebut terjadi, maka sangat menguntungkan PPP.

"Persoalan ini tentu saja sangat menguntungkan bagi PPP," ucap dia saat dihubungi IDN Times, Senin (2/1/2022).

Dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Sutomo menjelaskan, kepindahan Sandiaga bakal menambah kekuatan PPP jelang Pemilu 2024 mendatang. Selain itu, Sandiaga yang kini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) akan menambah daftar kader PPP yang duduk di kabinet.

"Pertama, tentunya kalau Sandiaga merapat kekuatan PPP tentu semakin bertambah. Kedua, jika Sandiaga merapat ke PPP kursi menterinya PPP itu bertambah," kata Efriza.

"Yang jadi pertanyaan adalah, apakah menteri ini urusannya presiden kan. Sandiaga ini kan dekat dengan Jokowi, dan Jokowi pun juga pasti mempertahankan Sandiaga karena masih muda," sambung dia.

Baca Juga: Dituding Gabung PPP, Sandiaga Uno Tegas Patuhi Arahan Prabowo Subianto

2. Jika Sandiaga pindah, PPP punya tokoh yang diperhitungkan

Pengamat: Jika Sandiaga Jadi Pindah, PPP Sangat DiuntungkanMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (dok. Aruna)

Di sisi lain, kata Efriza, apabila Sandiaga jadi pindah ke PPP, maka partai berlambang kakbah itu semakin diperhitungkan jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sebab artinya, akan ada tokoh dari PPP yang berpeluang maju di Pilpres 2024 mendatang. Sandiaga sendiri termasuk salah satu tokoh yang elektabilitasnya tinggi sebagai cawapres.

"Tentu juga Sandiaga menguntungkan PPP kalau dia merapat ke PPP, karena PPP jadi punya calon presiden atau cawapres karena selama ini PPP kan gak punya sosok calon," imbuh Efriza.

Baca Juga: Isu Sandiaga Uno Gabung PPP, Pernah Diisukan Calon Ketum

3. Gerindra geram dengan Sandiaga karena sering singgung soal pilpres

Pengamat: Jika Sandiaga Jadi Pindah, PPP Sangat DiuntungkanMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (dok. Diageo Indonesia)

Efriza juga menuturkan Gerindra belakangan mulai geram dengan Sandiaga karena beberapa kali dianggap memberikan kode soal maju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

"Jadi tepatnya, Sandiaga saat ini sedang diingatkan, kalau tidak lagi sesuai dengan arahan partai ya sudah mendingan pindah, tapi karena Sandiaga tetap bersikukuh tapi bermain juga untuk cawapres atau capres, ini menunjukkan bahwa Gerindra mungkin sudah jengkel melihat sepak terjang Sandiaga Uno," kata Efriza saat dihubungi IDN Times, Senin (2/1/2023).

Baca Juga: Gerindra Disebut Jengkel Sandiaga Main Kode soal Maju Pilpres 2024

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya