Polisi Dalami Penyebab KPU Tana Tidung Kaltara Kebakaran

Diduga penyebab kebakaran karena korsleting listrik

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Idham Holik, mengatakan, pihak kepolisian bakal mendalami insiden terbakarnya Kantor KPU Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara, Rabu malam (10/8/2022).

Idham mengatakan, berdasarkan informasi sementara yang diterima, penyebab kebakaran tersebut lantaran adanya hubungan arus pendek listrik.

"Sampai pagi ini yang disampaikan KPU KTT, itu penyebab kebakaran adalah korselting listrik dan pihak kepolisian sedang mendalami ini," ujar Idham saat dihubungi IDN Times, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga: Kantor KPU Tana Tidung Kaltara Terbakar

1. KPU pastikan tidak ada korban jiwa

Polisi Dalami Penyebab KPU Tana Tidung Kaltara KebakaranKomisioner KPU, Idham Holik (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dia memastikan, tidak ada korban jiwa dari peristiwa kebakaran yang menghanguskan sejumlah ruangan milik Kantor KPU Tana Tidung tersebut, termasuk satu unit mobil yang terparkir.

"Sampai hari ini mereka menyampaikan tidak ada korban jiwa. Sampai laporan pagi ini dari KPU KTT, tidak ada korban jiwa," kata Idham.

Baca Juga: Polres Bulungan Olah TKP Terbakarnya KPU Tana Tidung

2. Jajaran KPU Tana Tidung sempat selamatkan sejumlah dokumen dan komputer

Polisi Dalami Penyebab KPU Tana Tidung Kaltara KebakaranApi melahap Kantor KPU Kabupaten Tana Tidung pada Rabu (10/8/2022). (dok. KPU)

Idham mengatakan, saat peristiwa terjadi, anggota KPU Tana Tidung berhasil menyelamatkan sejumlah dokumen penting. Termasuk sejumlah unit komputer.

"Semalam itu sudah dilakukan upaya penyelamatan dokumen, komputer yang dapat dijangkau," kata dia.

Baca Juga: Mengalah dari Proyek Strategis, KPU Pasrah Anggaran Cuma Cair Rp3,69 T

3. Kronologi lengkap kebakaran kantor KPU Tana Tidung

Polisi Dalami Penyebab KPU Tana Tidung Kaltara KebakaranKomisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Idham Holik (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Idham menyampaikan kronologi kebakaran di Kantor KPU Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara. Dia mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 18.50 waktu setempat, pada Rabu.

"Sekitar pukul 18.50, mendapat info bahwa kantor KPU (di Kaltara) terjadi kebakaran," ujar Idham dalam keterangan tertulis.

Titik kebakaran bermula dari ruangan di bagian atas, tepatnya di ruangan keuangan. Kemudian angin kencang membuat kebakaran tersebut merembet ke bangunan lainnya.

"Awalnya ruangan yang letaknya di atas atau ruangan keuangan yang terbakar, kemudian dengan kondisi angin yang kencang sehingga merembet ke bangunan atau ruangan disebelahnya," ujar Idham.

Pihaknya memastikan, setidaknya ada beberapa ruangan yang dilahap si jago merah. Sementara itu ruangan hukum, ruangan Ketua KPU Daerah Kaltara, dan komisioner masih utuh.

"Yang terbakar habis meliputi, ruangan keuangan, ruangan umum, ruangan data dan tekmas, gudang logistik, media center, dapur dan toilet," kata dia.

"Ruangan lainnya yang sempat diselamatkan adalah PC dan peralatan komputer serta sebagian dokumen," lanjut dia.

Selain ruangan, satu unit mobil juga terbakar. Namun kondisi mobil tersebut sejak awal sudah rusak.

"Satu buah mobil Grandmax juga terbakar, mobil dalam kondisi tidak bisa jalan atau rusak yang letaknya dekat dengan ruangan yang terbakar," ucap Idham.

Baca Juga: Ruang Logistik KPU Kaltara Kebakaran, Diduga karena Korsleting Listrik

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya