Comscore Tracker

Mengalah dari Proyek Strategis, KPU Pasrah Anggaran Cuma Cair Rp3,69 T

Anggaran awal 2022 yang diusulkan Rp8,06 triliun

Jakarta, IDN Times - Anggaran pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 yang dibutuhkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di tahun 2022, hanya cair sebesar Rp3,6 triliun. Padahal anggaran awal yang diusulkan KPU sebesar Rp8,06 trilun.

Terkait hal tersebut, Koordinator Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga, dan Logistik KPU RI Yulianto Sudrajat mengklaim, pihaknya memahami kondisi keuangan negara. Mengingat saat ini keuangan negara sedang dibutuhkan untuk proyek strategis nasional lainnya.

"KPU memahami kondisi keuangan negara yang sedang membutuhkan di proyek strategis nasional lainnya," ujar Sudrajat dalam konferensi pers, Senin (8/8/2022) malam.

Baca Juga: Anggaran Masih Mandek, Eks Ketua KPU: Jangan Buat KPU Mengemis!

1. KPU bakal optimalisasi anggaran

Mengalah dari Proyek Strategis, KPU Pasrah Anggaran Cuma Cair Rp3,69 TIlustrasi aliran dana dan anggaran (IDN Times/Aditya Pratama)

Oleh sebab itu, kata Sudrajat, KPU bakal mengoptimalisasi anggaran Pemilu 2024 pada tahun 2022 yang telah dialokasikan. Walaupun masih jauh dari angka yang diusulkan, KPU tetap berharap pemerintah melalui Kementerian Keuangan dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Bappenas segera membahas usual revisi DIPA KPU Tahun 2022.

"KPU berharap pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Bappenas dapat segera memproses usulan revisi DIPA KPU Tahun 2022, sesuai dengan prioritas kegiatan KPU dalam pelaksanaan tahapan Pemilu tahun 2024 di tahun 2022," kata dia.

2. KPU berharap ada peminjaman tanah dan bangunan untuk KPU Daerah

Mengalah dari Proyek Strategis, KPU Pasrah Anggaran Cuma Cair Rp3,69 TLogo KPU (journal.kpu.go.id)

Sudrajat mengatakan, KPU juga berharap agar pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat memberikan pinjaman atau hibah tanah serta bangunan yang layak kepada KPU Daerah.

"Ini untuk digunakan sebagai kantor maupun gudang KPU di beberapa provinsi dan kabupaten kota di seluruh Indonesia," tutur dia.

Baca Juga: Anis Matta Doakan Anggaran KPU Turun Tepat Waktu di Depan Komisioner

3. Anggaran KPU 2022 masih kurang Rp4,3 triliun

Mengalah dari Proyek Strategis, KPU Pasrah Anggaran Cuma Cair Rp3,69 TLambang Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebagaimana diketahui, KPU mulanya mengusulkan kebutuhan anggaran Rp8,06 triliun dalam DIPA (daftar isian pelaksanaan anggaran) KPU 2022. Kemudian dari jumlah usulan tersebut, sebesar Rp2,45 triliun sudah dicairkan pada tahap awal.

Oleh sebab itu, kekurangan Rp5,6 triliun telah diusulkan kembali pencairannya dan sudah disetujui DPR RI serta dibahas bersama Kemenkeu.

Nyatanya Kemenkeu lewat surat Direktur Jenderal Anggaran Nomor S-336/AG/AG.5/2022 pada 26 Juli 2022 baru mencairkan Rp1,24 triliun, sehingga sampai sekarang baru Rp3,69 triliun alokasi anggaran 2022 yang diterima KPU.

Artinya masih ada kekurangan sekitar Rp4,3 triliun anggaran Pemilu yang semestinya dicairkan pemerintah tahun ini.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya