Profil Azwar Anas yang Akan Dilantik Jokowi Jadi Menpan-RB Hari Ini

Azwar Anas pernah menjabat sebagai Bupati Banyuwangi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dikabarkan akan melantik Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), menggantikan Tjahjo Kumolo, Rabu (7/9/2022).

Kabar tersebut dibenarkan sumber IDN Times di pemerintahan. Sumber tersebut menyebutkan, pelantikan diagendakan siang ini pukul 13.30 WIB.

Diketahui, Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022. Azwar Anas merupakan kader PDIP yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Berikut profil singkat politikus yang bernama lengkap Abdullah Azwar Anas.

Baca Juga: Azwar Anas Beberkan Rencananya Usai Tak Jabat Bupati Banyuwangi

1. Azwar Anas pernah jadi anggota MPR termuda

Profil Azwar Anas yang Akan Dilantik Jokowi Jadi Menpan-RB Hari IniBupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Dok. IDN Times

Azwar Anas merupakan politisi dari PDIP. Sebelum merapat ke partai berlambang kepala banteng moncong putih itu, Azwar sempat jadi politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sejak 2004 hingga 2015.

Dalam karier politiknya, Azwar pernah menjadi anggota MPR termuda pada 1997. Dia terpilih sebagai anggota MPR saat masih berusia 24 tahun.

Azwar tercatat pernah menempuh pendidikan sarjana (S1) di Universitas Indonesia Fakutas Sastra (1994-1999) dan S1 IKIP Jakarta Fakultas Teknologi Pendidikan (1992-1998). Kemudian, dia menempuh pendidikan S2 di Universitas Indonesia Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (2002-2005).

Baca Juga: 10 Tahun Pimpin Banyuwangi, Ini Capaian Azwar Anas

2. Bupati Banyuwangi dengan banyak prestasi di bidang inovasi

Profil Azwar Anas yang Akan Dilantik Jokowi Jadi Menpan-RB Hari IniAzwar Anas (Dok. IDN Times)

Anas pernah menjabat bupati Banyuwangi periode 2010-2015 dan 2016-2021. Saat menduduki kursi bupati, Azwar banyak mendapatkan dukungan dari Nahdatul Ulama (NU). Selama menjabat sebagai bupati, dia berhasil mengubah wajah Banyuwangi dengan berbagai inovasi.

Di antara inovasi tersebut Anas membuat Banyuwangi terpilih sebagai kabupaten terinovatif se-Indonesia dalam pengukuran indeks inovasi daerah oleh Kementerian Dalam Negeri. Banyuwangi juga menjadi kabupaten pertama yang memiliki SAKIP (Sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan) dengan nilai A.

Kemudian, Banyuwangi meraih juara UNWTO (Badan PBB untuk Pariwisata) untuk kategori kebijakan publik bidang pariwisata terbaik di dunia. Tak hanya itu, Banyuwangi juga menginisiasi mal pelayanan publik pertama di Indonesia untuk tingkat kabupaten, dan berbagai prestasi lainnya.

Baca Juga: Demo Tolak Kenaikan BBM, Buruh Bawa Foto Puan Maharani Nangis

3. Azwar Anas turunkan tingkat kemiskinan dan pemerintahan berbasis elektronik

Profil Azwar Anas yang Akan Dilantik Jokowi Jadi Menpan-RB Hari IniAzwar Anas saat masih duduk di kursi Bupati Banyuwangi. (Dok. Banyuwangi)

Pada era kepemimpinan Anas, tingkat kemiskinan di Banyuwangi menurun hingga ke level 7,5 persen pada 2019, dari sebelumnya selalu dua digit. Pendapatan per kapita masyarakat Banyuwangi juga meningkat dari hanya Rp20,86 juta (2010) menjadi Rp51, juta per tahun (2019).

Banyuwangi juga menjadi kabupaten terbaik layanan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) oleh Kemenpan RB pada 2019. Selain itu, Anas juga menggeber inovasi pariwisata dengan beragam festival yang berhasil meningkatkan laju kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Banyuwangi.

Dari sisi infrastruktur, Anas mengembangkan bandara dengan konsep arsitektur hijau pertama di Indonesia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya