Rakernas NasDem: Ganjar, Anies hingga Dudung Diusulkan Jadi Capres

Nama-nama tersebut diusulkan oleh DPW 

Jakarta, IDN Times - Sejumlah nama calon presiden (capres) mulai diusulkan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Berdasarkan pantauan di lokasi acara, rakernas kali ini, Kamis (16/4/2022), digelar secara terbuka dan dihadiri oleh lebih dari enam ribu kader NasDem. Rakernas dimulai dengan agenda sidang mendengarkan aspirasi capres dari seluruh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) yang tersebar di 34 provinsi.

Berdasarkan usulan DPW, yang dimulai dari provinsi Indonesia bagian timur, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, masuk.

Sedangkan usulan capres yang berasal dari internal partai muncul nama Ahmad Sahroni, Surya Paloh, Prananda Surya Paloh, Rachmat Gobel, hingga Syahrul Yasin Limpo.

Hingga berita ini ditulis, rapat masih berlangsung. Rakernas NasDem sendiri digelar pada 15 hingga 17 Juni 2022, untuk menjaring nama capres yang akan diusung NasDem.

Baca Juga: Segera Usung Capres, NasDem Tegaskan Tidak Berpatokan Hasil Survei

1. NasDem tidak berpatokan pada hasil survei

Rakernas NasDem: Ganjar, Anies hingga Dudung Diusulkan Jadi CapresRakernas Partai Nasdem pada Kamis (16/6/2022). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wasesa)

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh menegaskan, dalam menentukan calon presiden (capres) yang diusung, partainya tidak berpatokan pada hasil survei elektabilitas.

NasDem memastikan selalu membuka kesempatan yang sama bagi anak bangsa yang ingin maju sebagai capres, terutama dalam Pemilu 2024. Hanya saja, kata Surya Paloh, sosok capres yang bakal diusung harus mau memikul tanggung jawab dan mampu memimpin bangsa Indonesia ke arah lebih baik.

"Keseriusan kita tunjukan dengan rakorwil dan menawarkan inisiatif konvensi capres. Kita berpandangan hak mencalonkan diri adalah hak bagi setiap warga negara, NasDem ingin memberi ruang seluas-luasnya bagi yang merasa mampu menjadi pemimpin di negeri ini, karena partai NasDem tak memiliki kecukupan syarat alam mengajukan syarat mencalonkan sendirian," ujar Surya Paloh dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem di JCC, Jakarta, Rabu, (15/6/2022).

"Partai NasDem tidak selalu 'membebek' pada hasil-hasil survei dalam menentukan capresnya," kata dia, melanjutkan.

2. Tiga nama capres siap diusung NasDem

Rakernas NasDem: Ganjar, Anies hingga Dudung Diusulkan Jadi CapresKetua Bappilu DPP NasDem, Prananda Surya Paloh di acara Rakernas Nasdem, Jakarta pada Kamis (16/6/2022). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wasesa)

Surya Paloh menyebut, Partai NasDem tidak memiliki kecukupan syarat dalam upaya menjaring capres tanpa bantuan dari pihak lain. Oleh sebab itu, salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan menjaring aspirasi dari berbagai kalangan.

Rencananya, Partai NasDem akan mengusulkan tiga capres melalui rakernas. Usulan merupakan hasil penyampaian dari 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem.

"Mencari aspirasi dari berbagai kalangan untuk menentukan tiga calon nama sebagai bakal calon presiden yang akan dimajukan oleh Partai NasDem," tutur Surya Paloh.

3. Rakernas NasDem untuk menumbuhkan politik kebangsaan

Rakernas NasDem: Ganjar, Anies hingga Dudung Diusulkan Jadi CapresKetua Umum Nasdem Surya Paloh saat membuka acara Rakernas Nasdem di JCC, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Diketahui, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh secara resmi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) NasDem di Jakarta Convention Center (JCC) pada 15-17 Juni 2022.

"Rakernas ini adalah ajang penumbuhan kembali politik kebangsaan dari Partai NasDem," kata Surya Paloh.

Rakernas mengusung tema Restorasi: Meneguhkan Politik Kebangsaan. Surya Paloh berharap seluruh kader dapat mengikuti rangkaian kegiatan tersebut, dengan mengedepankan semangat kebangsaan.

"Partai ini memiliki kemampuan yang didukung oleh kader-kadernya yang tangguh, yang berwatak penuh dengan rasa kesetiakawanan, dan penuh dengan disiplin diri dan etos diri yang kuat," ucap Surya Paloh.

Rakernas tersebut dihadiri lebih dari 6.300 kader Partai NasDem. Terdiri dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) seluruh Indonesia.

Baca Juga: Nasdem Kemungkinan Usung Kadernya Jadi Capres 2024

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya