Segera Usung Capres, NasDem Tegaskan Tidak Berpatokan Hasil Survei

Semua anak bangsa punya peluang yang sama

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh, menegaskan partainya dalam menentukan calon presiden (capres) yang diusung, tidak berpatokan pada hasil survei elektabilitas.

NasDem memastikan selalu membuka kesempatan yang sama bagi anak bangsa yang ingin maju sebagai capres, terutama dalam Pemilu 2024. Hanya saja, kata Surya Paloh, sosok capres yang bakal diusung harus mau memikul tanggung jawab dan mampu memimpin bangsa Indonesia ke arah lebih baik.

"Keseriusan kita tunjukan dengan rakorwil dan menawarkan inisiatif konvensi capres. Kita berpandangan hak mencalonkan diri adalah hak bagi setiap warga negara, NasDem ingin memberi ruang seluas-luasnya bagi yang merasa mampu menjadi pemimpin di negeri ini, karena partai NasDem tak memiliki kecukupan syarat alam mengajukan syarat mencalonkan sendirian," ujar Surya Paloh dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem di JCC, Jakarta, Rabu, (15/6/2022).

"Partai NasDem tidak selalu 'membebek' pada hasil-hasil survei dalam menentukan capresnya," kata dia, melanjutkan.

Baca Juga: Anies-Ganjar Dipastikan Dibahas dalam Rakernas Nasdem

1. Ada tiga nama capres yang siap diusung NasDem

Segera Usung Capres, NasDem Tegaskan Tidak Berpatokan Hasil SurveiSuasana Rakernas Partai Nasdem di JCC, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Surya Paloh menyebut Partai NasDem tidak memiliki kecukupan syarat dalam upaya menjaring capres tanpa bantuan dari pihak lain. Oleh sebab itu, salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan menjaring aspirasi dari berbagai kalangan.

Rencananya, Partai NasDem akan mengusulkan tiga capres melalui rakernas. Usulan merupakan hasil penyampaian dari 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem.

"Mencari aspirasi dari berbagai kalangan untuk menentukan tiga calon nama sebagai bakal calon presiden yang akan dimajukan oleh Partai NasDem," tutur Surya Paloh.

2. NasDem bersungguh-sungguh dalam menyambut Pemilu 2024

Segera Usung Capres, NasDem Tegaskan Tidak Berpatokan Hasil SurveiIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Menurut Surya Paloh, pemilu merupakan ruang koreksi bersama, sehingga bangsa Indonesia harus menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Dia menegaskan NasDem sangat serius menyambut Pemilu 2024. Kompetisi itu menjadi momentum berharga di mana agenda perubahan dapat dilakukan.

"Tawaran melakukan restorasi Indonesia insyaallah semakin dekat dengan kenyataan," ujar Surya Paloh.

Baca Juga: NasDem soal Isu Reshuffle: Siap Kurang, Tetap atau Tambah Kursi

3. Rakernas NasDem jadi ajang penumbuhan politik kebangsaan

Segera Usung Capres, NasDem Tegaskan Tidak Berpatokan Hasil SurveiKetua Umum NasDem, Surya Paloh saat memberi sambutan di HUT ke-10 Partai NasDem Satu Dekade di Jalan Restorasi pada Kamis (11/11/2021). (youtube.com/NasDem TV)

Diketahui, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh secara resmi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem. Kegiatan tersebut digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 15-17 Juni 2022.

"Rakernas ini adalah ajang penumbuhan kembali politik kebangsaan dari Partai NasDem," kata Surya Paloh.

Rakernas mengusung tema Restorasi: Meneguhkan Politik Kebangsaan. Surya Paloh berharap seluruh kader dapat mengikuti rangkaian kegiatan tersebut, dengan mengedepankan semangat kebangsaan.

"Partai ini memiliki kemampuan yang didukung oleh kader-kadernya yang tangguh, yang berwatak penuh dengan rasa kesetiakawanan, dan penuh dengan disiplin diri dan etos diri yang kuat," ucap Surya Paloh.

Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 6.300 kader Partai NasDem. Terdiri Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) seluruh Indonesia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya