Relawan Jokowi Umumkan Cawapres Hasil Musra: Tertinggi Ridwan Kamil

Musra pertama digelar di Jabar pada 28 Agustus 2022

Jakarta, IDN Times - Sejumlah relawan Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengumumkan hasil Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia pertama yang digelar di Bandung, Jawa Barat (Jabar) pada 28 Agustus 2022.

Dalam Musra tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terpilih sebagai cawapres yang paling banyak dipilih oleh peserta Musra.

Baca Juga: Survei ISC: Publik Makin Percaya Prabowo Layak Gantikan Jokowi

1. Munculnya nama Airlangga Hartarto kejutkan Musra

Relawan Jokowi Umumkan Cawapres Hasil Musra: Tertinggi Ridwan KamilMenteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartarto (dok. Youtube Kemenko Maritim dan Investasi)

Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia, Andi Gani Nena Wea mengatakan, sosok cawapres yang paling mengejutkan dalam daftar ialah munculnya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyusul Ridwan Kamil.

Kemudian urutan selanjutnya di bawah Airlangga, ada Menteri BUMN Erick Thohir yang mendapat dukungan sebesar 12,81 persen.

"Cawapres ada kejutan menurut kami. Kalau Pak Ridwan Kamil tidak terlalu terkejut kita, tapi di posisi kedua Airlangga Hartarto menempati posisi nomor kedua di Jawa Barat. Ridwan Kamil 38,89 persen, Airlangga 13,25 persen," kata Andi saat konferensi pers di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (31/8/2022).

Baca Juga: Survei Ungkap 10 Cawapres Elektabilitas Tertinggi, Ini Urutannya

2. Ada sosok kuda hitam di cawapres hasil Musra

Relawan Jokowi Umumkan Cawapres Hasil Musra: Tertinggi Ridwan KamilKonferensi pers hasil Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia pertama (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Andi menyebut ada kuda hitam baru yang juga dipilih relawan, yakni Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid. "Jadi ada nama kuda hitam baru Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid berbanding tipis dengan Erick Thohir di 10,33 persen," kata dia.

Selanjutnya, ada nama Ketua DPR RI Puan Maharani mendapat dukungan sebesar 9,49 persen, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 4,88 persen.

Lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 4,06 persen, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 2,76 persen. Di posisi berikutnya yakni Moeldoko 1,54 persen, Dedi Mulyadi 0,75 persen, dan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendapat dukungan paling rendah.

"Posisi terakhir Agus Harimurti Yudhoyono di 0,56 persen," tutur Andi.

Baca Juga: Survei Buka Peluang PDIP, Gerindra, PKB Gabung KIB, Siapa Capresnya?

3. Jokowi muncul sebagai capres harapan rakyat

Relawan Jokowi Umumkan Cawapres Hasil Musra: Tertinggi Ridwan KamilPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Selain cawapres, Musra juga merilis capres pilihan rakyat dengan perolehan suara terbanyak Jokowi. Kemudian disusul Sandiaga Uno, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan tokoh lainnya.

"Capres harapan rakyat ini memang cukup mengejutkan dari hasil yang nyata kami peroleh. Nomor satu Pak Joko Widodo dengan presentasi dukungan 29,79 persen," ujar Andi.

"Sandiaga Uno mendapat tertinggi posisi kedua di 16,92 persen. Lalu mas Ganjar Pranowo itu di posisi tiga besar, tipis sekali angkanya 16,10 persen persen. Pak Prabowo torehan 11,10 persen dan Anies 9,02 persen," sambung dia.

Kemudian urutan capres yang dipilih Musra selanjutnya, ada Ridwan Kamil, Puan Maharani, Moeldoko, dan Andika Perkasa.

"Ridwan Kamil di 5,17 persen, Puan Maharani 4,16 persen, Dedi Mulyadi masuk juga tuh 2,87 persen, Moeldoko 2,57 persen dan Andika Perkasa di posisi terakhir 1,42 persen. Lain-lainnya itu nama-nama yang memperoleh di bawah 0,7 persen," imbuh Andi.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya