Risma di Rakernas PDIP: Kami Harus Mengambil Hati Rakyat

Risma kedepankan politik wong cilik

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Bidang Kebudayaan Tri Rismaharini mengatakan, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II Partai Tahun 2021 tak hanya membicarakan soal politik praktis, seperti persiapan dan pemenangan Pemilu 2024 saja.

Lebih dari itu, dia mengatakan jika rakernas juga membahas politik jangka panjang. Terutama visi yang lebih baik di masa depan.

"Kami memang harus mengambil hati rakyat. Kemudian konsep-konsep pembangunan apa yang harus kami bisa jelaskan kepada masyarakat supaya visinya sama dengan tujuan. Bukan sekadar kami menang, tetapi bagaimana meraih masa depan yang lebih baik," kata Risma di sela-sela Rakernas PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2022).

1. Risma yakin negara bakal maju dengan prioritaskan wong cilik

Risma di Rakernas PDIP: Kami Harus Mengambil Hati RakyatMensos Tri Rismaharini di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva)

Risma meyakini, sebuah negara akan menjadi besar apabila mampu membesarkan orang-orang yang terpinggirkan.

"Saya percaya dengan membesarkan wong cilik, maka negara ini akan maju," ujar Risma.

Baca Juga: Tokoh Besar Hiasi Rakernas PDIP: Sukarno hingga Che Guevara

2. Pengalaman Risma di Surabaya

Risma di Rakernas PDIP: Kami Harus Mengambil Hati RakyatMensos Tri Rismaharini di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva)

Risma juga berbagi pengalamannya mengentaskan kemiskinan ketika menjadi wali kota Surabaya. 

Saat itu, angka kemiskinan di Surabaya mencapai 32 persen. Dengan prinsip memperjuangkan wong cilik, dia pun berhasil menurunkan angka kemiskinan.

"Saya kemarin lihat survei dari BPS mengatakan bahwa tidak kurang dari 4 persen. Memang kenapa? Kalau kita kemudian tangani dengan benar, itu suatu kekuatan. Kami tidak perlu kemudian menjadi besar, tetapi bahwa yang paling penting adalah bagaimana bisa memenuhi kebutuhan kita sehari-sehari saja itu sudah dasar," kata Risma menjelaskan.

3. Rakernas PDIP bahas strategi politik 2024

Risma di Rakernas PDIP: Kami Harus Mengambil Hati RakyatWali Kota Surabaya Tri Rismaharini memimpin pembacaan teks Pancasila di Rakernas PDIP. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDI Perjuangan hari kedua, Rabu (22/6/2022) membahas terkait strategi pemenangan menghadapi Pemilu 2024.

Kemudian, rakernas ini juga membahas tentang keadilan sosial dan pengorganisasian wong cilik. Sesi ini sendiri disampaikan oleh Ketua DPP PDIP bidang Kebudayaan yang juga menteri sosial Tri Rismaharini. 

Acara dilanjutkan dengan membahas strategi pemenangan pemilu 2024, terkait struktur dan kerangka operasional pemenangan dan akan diisi oleh Ketua DPP PDIP bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, dan Wakil Sekjen bidang Pemerintahan Arif Wibowo.

Selain itu, PDIP juga akan mengupas tentang pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan elektoral Partai di Pemilu 2024. Adapun pemateri pada sesi ini akan disampaikan oleh Budiman Sudjatmiko, Putra Nababan, Bane Manalu.

Baca Juga: Makin Mengerucut, Rakernas PDIP Mulai Bahas Strategi Politik 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya