Riza Patria Dinilai Tokoh Paling Potensial Jadi Cagub DKI 2024

Riza dinilai punya pengalaman baik di DKI JAKARTA

Jakarta, IDN Times - Pengamat dari Citra Institute, Efriza menilai Riza Patria jadi sosok yang paling potensial untuk jadi calon gubernur (cagub) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024 mendatang.

"Kalau ditanya, tentu potensial sekali Riza Patria. Bisa dikatakan yang punya tiket tinggal dia, karena dia adalah wagub dan dia bisa dicalonkan gubernur. Dia potensial sekali karena punya tiket, sedangkan kalau Anies kan tiketnya jelas kepada capres," kata Efriza saat dihubungi IDN Times, Kamis (20/10/2022).

Baca Juga: Survei: Publik Tak Setuju Jokowi Reshuffle Menteri NasDem gegara Anies

1. Riza Patria berpengalaman, bukan sekadar pendamping Anies

Riza Patria Dinilai Tokoh Paling Potensial Jadi Cagub DKI 2024Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di acara peresmian musala dan kantor RW 04 Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (17/9/2022). (Dok. Humas Pemkot Jakarta Utara)

Dia menilai Riza memiliki pengalaman yang cukup matang di DKI Jakarta. Keberadaannya di masa kepemimpinan Anies tidak hanya menjadu pendamping, namun dia punya peran penting untuk menjaga harmonisasi dengan DPRD DKI.

"Jelas potensial karena rekam jejaknya dengan kariernya dia yang sebagai wagub, di sisi lain kan dia bukan sekadar ban serep meski wagub, tidak sekadar pendamping Anies," ujar Efriza.

"Tetapi dia sangat berperan, dalam arti anies kita tahu dia tidak berpartai, ketika menghadapi parlemen DPRD tentu yang berperan adalah riza patria dan yang menjawab, membuat kepemimpinan Anies solid dan kuat," sambung dia.

Baca Juga: Anies Tak Penuhi Janji Kampanye Jual Saham Milik DKI di Perusahaan Bir

2. Keputusan Riza maju tergantung Gerindra

Riza Patria Dinilai Tokoh Paling Potensial Jadi Cagub DKI 2024Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra 2022 di Sentul pada Jumat (12/8/2022). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Efriza menegaskan, majunya Riza dalam Pilkada DKI 2024 mendatang tentu bergantung pada pilihan pribadinya. Selain itu, Riza juga membutuhkan dukungan dari partainya yakni Gerindra.

"Hanya kembali lagi, Riza Patria ini bersedia atau tidak. Kemudian juga Gerindra-nya mengajukan Riza atau tidak," ucap dia.

Baca Juga: Saat Anies dan Riza Joged Kicir-Kicir: Momen Terakhir di Balai Kota

3. Gerindra punya peluang besar majukan kadernya dalam Pilkada DKI

Riza Patria Dinilai Tokoh Paling Potensial Jadi Cagub DKI 2024IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Efriza menilai potensi Riza Patria sangat besar, mengingat dia juga dipercaya oleh Gerindra menjadi Ketua DPD DKI Jakarta. Suara Gerindra pun di DKI Jakarta maupun nasional sangat kuat.

Hal itu terbukti dari beberapa kali Pilkada DKI Jakarta, Gerindra turut andil dalam memenangkan pasangan calon (paslon). Dia menuturkan, melihat peluang tersebut seharusnya Gerindra percaya diri mendorong kadernya untuk kembali meramaikan Pilkada DKI Jakarta.

"Gerindra juga suaranya lumayan di parlemen, secara nasional juga kuat. Semestinya Gerindra punya calon kandidat lagi, karena dua periode itu yang namanya Pilkada DKI, Gerindra ikut, menang, dan jadi wagub-nya. Baik di era Jokowi dengan Ahok, maupun di eranya Anies dengan Sandiaga, maupun dengan Riza," tutur Efriza.

Oleh sebab itu, Efriza yakin Gerindra akan mengambil kesempatan emas tersebut.

"Artinya kalau kesempatan itu tidak diambil Gerindra rasa-rasanya tidak mungkin. Gerindra pasti akan ambil tiket itu, melihat track record-nya yang selalu menang di dki belakangan ini," imbuh dia.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya