Segera Pensiun, Jenderal Andika Berpeluang Jadi Menteri Jokowi

Andika berpeluang jadi menteri Jokowi asal ada kesepakatan

Jakarta, IDN Times - Pengamat politik, Ujang Komarudin mengatakan, ada kemungkinan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan diangkat menjadi menteri oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Apabila merujuk Undang-Undang (UU) TNI yang berlaku, Andika akan pensiun pada akhir tahun ini. Dia akan berusia 58 tahun pada 21 Desember 2022.

Ujang menilai, dalam politik semua kemungkinan bisa saja terjadi sehingga tak menutup kemungkinan pasca pensiun Andika bakal diangkat menjadi menteri oleh Jokowi.

"Semua kemungkinan bisa saja terjadi," kata Ujang kepada IDN Times, Senin (20/6/2022).

1. Tergantung kesepakatan antara Andika, Jokowi, dan Hendropriyono

Segera Pensiun, Jenderal Andika Berpeluang Jadi Menteri Jokowi(Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa) ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Menurut Ujang, peluang karier Andika di kabinet tergantung kesepakatan antara Jokowi dengan mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Abdullah Mahmud Hendropriyono. Hendropriyono sendiri merupakan mertua dari Jenderal Andika.

"Itu tergantung deal-deal-an antara Andika, Hendropriyono, dan Jokowi," tutur Ujang.

Baca Juga: Alasan Jokowi Enggan Reshuffle Menteri yang Sibuk Tebar Pesona

Baca Juga: Jokowi Diprediksi Bakal Reshuffle Menteri Lagi Jelang 2024, Kenapa?

2. Kemungkinan Jokowi lakukan reshuffle lagi

Segera Pensiun, Jenderal Andika Berpeluang Jadi Menteri JokowiPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Ujang menegaskan, potensi masuknya Andika ke kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin masih terbuka lebar. Apabila peluang itu muncul, maka Jokowi dinilainya tidak akan segan-segan melakukan reshuffle kabinet kembali dan melantik Andika sebagai menteri.

"Kalau deal bisa saja ada reshuffle lagi, kemudian mengakomodasikan Jenderal Andika untuk masuk kabinet. Tapi saya melihatnya tergantung kepentingan ke depan, berkompromi dengan Hendropriyono dan Andika," ucap dia.

3. Jenderal Andika jadi salah satu kandidat capres Nasdem

Segera Pensiun, Jenderal Andika Berpeluang Jadi Menteri JokowiJenderal Andika Perkasa (YouTube.com/TNI AD)

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dipastikan menjadi satu dari tiga kandidat calon presiden (capres) yang akan diusung Partai Nasdem.

Politikus Partai Nasdem, Taufik Basari mengatakan, pemilihan Andika oleh sejumlah Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) sebagai capres tak terlepas dari rekam jejaknya. 

“Pilihan kami ini tidak semata didasarkan pada persoalan apakah memang masuk dalam bursa survei atau tidak. Tapi kami juga mempertimbangkan faktor rekam jejak tokoh-tokoh ini dan kebutuhan bangsa seperti apa?” ujarnya saat ditemui di lokasi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Nasdem di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Baca Juga: [BREAKING] Anies, Andika, Ganjar Terpilih Jadi Bakal Capres Nasdem

Baca Juga: NasDem Segera Surati 3 Bakal Capres yang Terpilih di Rakernas

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya