Sehari Jadi Ketum, Kaesang Telat Datang Rapat Perdana di DPP PSI

Rapat perdana digelar di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat

Jakarta, IDN Times - Putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep dilantik sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di The Ballroom Djakarta Theater, Senin (25/9/2023) malam. Sehari setelah pelantikan tersebut, Kaesang bersama jajaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI langsung menggelar rapat di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat.

Berdasarkan undangan yang dibagikan ke awak media, rapat perdana yang dipimpin langsung oleh Kaesang tersebut seharusnya digelar pukul 16.00 WIB, Selasa (26/8/2023). Namun, rapat tersebut belum juga dimulai lantaran menunggu kehadiran Kaesang.

Baca Juga: Adik jadi Ketum PSI, Gibran Komentar Singkat soal Kaesang

1. Rapat dijadwalkan digelar pukul 16.00 WIB

Sehari Jadi Ketum, Kaesang Telat Datang Rapat Perdana di DPP PSIPartai Solidaritas Indonesia (IDN Times/Aryodamar)

Tak seperti Kaesang, sejumlah jajaran pimpinan PSI tampak sudah hadir lebih awal di kantor DPP PSI. Mereka yang sudah tampak di lokasi di antaranya, Wakil Ketua Dewan Pembina Grace Natalie, Dewan Pembina PSI Giring Ganesha, Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka, Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni, Direktur LBH PSI Francine Widjojo, dan Ketua DPP PSI Dedek Prayudi.

Berdasarkan pantauan IDN Times, hingga tulisan ini dimuat, Kaesang belum juga tiba di Kantor DPP PSI.

Grace Natalie mengatakan, dalam rapat itu akan dibahas mengenai berbagai evaluasi dan rancangan strategi menghadapi Pemilu 2024.

"Biasanya ada evaluasi, habis itu biasanya merancang agenda ke daerah, mau kemana mau kemana. Bagi tugas, siapa kemana," kata dia di lokasi.

Baca Juga: DPW PSI Jabar Inginkan Kaesang Bisa Loloskan Kader ke Senayan

2. Kaesang resmi jadi Ketum PSI

Sehari Jadi Ketum, Kaesang Telat Datang Rapat Perdana di DPP PSIPenyerahan KTA PSI Kaesang Pangarep di kediaman Presiden Jokowi. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebelumnya, Kaesang ditunjuk menjadi Ketua Umum PSI. Jabatan elite itu diberikan untuk menggantikan Giring Ganesha. Penetapan Kaesang menjadi Ketua Umum PSI untuk Kaesang digelar dalam Kopdarnas di The Ballroom at Djakarta Theater, Senin (25/9/2023).

"Surat Keputusan Dewan Pembina Partai Solidaritas memutuskan, menetapkan Saudara Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia," ujar Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie.

Setelah pembacaan surat keputusan, Kaesang kemudian diberi bunga mawar oleh Giring Ganesha. Dalam Kopdarnas itu, Grace juga membacakan pengangkatan Raja Juli Antoni sebagai Sekjen PSI.

Sementara itu, Giring ditetapkan menjadi anggota Dewan Pembina PSI.

"Surat Keputusan Dewan Pembina tentang pengangkatan anggota Dewan Pembina DPP Partai Solidaritas Indonesia, memutuskan, menetapkan, pengangkatan Bro Giring Ganesha sebagai anggota Dewan Pembina DPP PSI," kata Grace.

Baca Juga: Kaesang Jadi Ketum PSI, Pengamat UGM: Partai Lain Perlu Waspada 

3. Kaesang ngaku masuk politik ingin ikuti jejak Jokowi

Sehari Jadi Ketum, Kaesang Telat Datang Rapat Perdana di DPP PSIKaesang Pangarep jadi Ketum PSI. (IDN Times/Ilman Nafi’an)

Lebih lanjut, di depan kader PSI, Kaesang mengaku masuk dunia politik karena ingin mengikuti jejak ayahnya, yakni Jokowi.

"Beliau ini orang yang saya cintai dan saya hormati, saya ingin mengikuti jejak beliau untuk berpolitik untuk kebaikan. Kepada Bapak, saya ingin menyampaikan izin, saya mau menempuh jalan saya, pak. Semoga Guusti Allah memberkahi jalan yang saya pilih," ujar Kaesang.

Menurutnya, Jokowi merupakan sosok pemimpin yang senantiasa berjuang untuk kesejahteraan masyarakat.

"Yang patut saya dan kita contoh dari Pak Jokowi, beliau tidak pernah lelah menjalankan amanat rakyat, vitaminnya adalah senyuman rakyat, booster ketika beliau memutuskan kebijakan yang tepat bagi rakyat Indonesia," kata dia.

Kaesang kemudian mengajak seluruh kader PSI untuk berjuang bersama. Hal itu dilakukan agar PSI menang dan bisa mendapat kursi di DPR RI.

"Kita optimis masuk Senayan. Menang, pasti menang," imbuhnya.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya