Sikap Janggal Bechi: Tunda Salat Saat Azan, Dalih Urusan Allah

Tersangka MSAT juga anjurkan santriwati merokok

Jakarta, IDN Times - Sikap janggal tersangka kasus pencabulan pesantren Jombang, MSAT alias Bechi diungkap oleh pria yang mengaku sebagai rekannya, Syarifudin Pane.

Diketahui, MSAT merupakan anak dari kiai pemilik Pondok Pesantren (Ponpes) Shiddiqiyyah, Desa Losari, Ploso, Jombang, Jawa Timur.

Awalnya, Syarifudin mengisahkan pertemuannya dengan tersangka MSAT atau yang dikenal sebagai Bechi. Pada 2020 lalu, dia diminta untuk menjembatani kasus MSAT dengan Kapolda Jawa Timur (Jatim) dan Kapolres Jombang.

"Saya dengan Mas Bechi dikenalkan dengan kasus yang mendera dia saat itu. Akhirnya saya dibelikan tiket untuk datang ke sana. Saya diminta untuk membantu kasus tersebut agar bisa ada jalan keluarnya," kata Syarifudin di Jakarta Timur, Sabtu (9/7/2022).

1. Syarifudin sempat tinggal di Pesantren Shiddiqiyyah selama tujuh hari

Sikap Janggal Bechi: Tunda Salat Saat Azan, Dalih Urusan AllahSyarifudin Pane bersama tersangka MSAT di Pondok Pesantren Shiddiqiyyah, Desa Losari, Ploso, Jombang, Jawa Timur. (dok Istimewa)

Syarifudin mengaku sempat tinggal di Pesantren Shiddiqiyyah selama seminggu. Dia menemukan sejumlah keanehan yang tak ditemui di pesantren pada umumnya. Salah satunya adalah adanya tempat pengucapan sumpah setia atau baiat.

"Pesantren itu unik. Waktu itu saya mau sembahyang, saya kira itu masjid karena bagus dan mentereng. Kemudian dijelaskan kalau itu tempat baiat. Saya tanya, kenapa harus di-baiat? Tujuan mereka ya bilang, baiat ke Allah," ujar dia.

Baca Juga: Kasus Pencabulan Pesantren Jombang Diduga Libatkan Mantan Kapolda

Baca Juga: Bareskrim Minta Kemenag Bekukan Izin Pesantren Shiddiqiyyah Jombang 

2. Bechi disebut tunda salat saat azan

Sikap Janggal Bechi: Tunda Salat Saat Azan, Dalih Urusan AllahProses penangkapan MSAT, anak kiai pelaku kekerasan seksual di Jombang, Kamis, (7/7/2022). IDN Times/ Zainul Arifin

Dia juga sempat berbincang bersama tersangka MSAT di salah satu ruangan yang ada di pesantren. Namun anehnya, saat azan berkumandang, tersangka MSAT sebagai pimpinan pondok pesantren menunda panggilan ibadah salat tersebut.

"Kemudian waktu saya kumpul dengan Bechi di studionya dan berkumandang azan, saya tanya kenapa tidak salat? Jawab dia, salat itu urusan Allah dengan umatnya. Sedangkan salat itu kewajiban menurut saya," kata Syarifudin.

3. Bechi anjurkan santriwati merokok

Sikap Janggal Bechi: Tunda Salat Saat Azan, Dalih Urusan AllahTruk polisi mengangkut massa pendukung MSAT ke Polres Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Selain itu, kata Syarifudin, para santri di Pesantren Shiddiqiyyah, termasuk santriwati dianjurkan untuk merokok. Adapun rokok yang dibakar merupakan rokok kesehatan yang jadi bisnis keluarga tersangka MSAT.

"Karena dia punya usaha rokok kesehatan, santriwatinya itu merokok depan saya, depan Mas Bechi. Dia beralasan, karena diajarkan supaya sehat dengan rokoknya," ucap dia.

Baca Juga: Buruknya Pesantren Shiddiqiyyah Diungkap, Anjurkan Santriwati Merokok

Baca Juga: Kemenag Cabut Izin Operasional Pesantren Shiddiqiyyah Jombang!

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya