Sinyal Jokowi soal Ciri Pemimpin, Kepala BIN: Identik ke Pak Prabowo

Jokowi dan Prabowo dinilai makin akrab

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan, menilai pesan yang disampaikan Presiden Joko "Jokowi" Widodo soal ciri-ciri pemimpin yang layak dipilih selanjutnya, yaitu berambut putih dan memiliki kerutan di wajah. 

Dia menyebut ciri yang disampaikan Jokowi identik dengan Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto. Diketahui, Prabowo merupakan calon presiden dari Partai Gerindra.

Baca Juga: Survei Capres: Prabowo Paling Dikenal, Ganjar Paling Disukai

1. Jokowi dan Prabowo makin akrab

Sinyal Jokowi soal Ciri Pemimpin, Kepala BIN: Identik ke Pak PrabowoPresiden Jokowi dan Menhan Prabowo saat penyerahan motor di Kodim 1503/Tual (dok. Sekretariat Presiden)

Budi mengaku selam ini mengamati Prabowo yang belakangan ini kerap mendampingi Jokowi. Menurut dia, keduanya kini semakin terlihat akrab dan dekat satu sama lain.

"Kami semua menyimak Bapak bahwa belakangan ini Pak Menhan Pak Prabowo semakin sering terlihat dekat dengan Pak Presiden, Pak Jokowi,” ujar dia, saat menyampaikan laporan peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara Surabaya seperti disiarkan di akun YouTube Setpres, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga: SMRC: Ganjar Terpilih Jadi Presiden Jika Pilpres Digelar Hari Ini

2. Ciri pemimpin punya kerutan di dahi identik dengan Prabowo

Sinyal Jokowi soal Ciri Pemimpin, Kepala BIN: Identik ke Pak PrabowoMenteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto (ANTARA/HO-Tim Media Prabowo Subianto/pri.)

Kemudian, Budi melanjutkan, pesan yang disampaikan Jokowi baru-baru ini soal kriteria pemimpin identik dengan Prabowo, sebab ia memiliki kerutan di dahi.

“Kita semua menangkap pesan, pesan dari Pak Jokowi tentang kerutan di dahi untuk menjadi ukuran kriteria. Maka kami semua memperhatikan dari tadi kerutan tersebut 100 persen identik dengan Pak Prabowo saat ini," kata dia.

Eks Wakapolri yang dekat dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu mendoakan Prabowo, agar senantiasa diberikan jalan yang baik dan cemerlang ke depan.

“Kita doakan semoga beliau mendapat jalan yang baik, tuah kebaikan dari Pak Jokowi untuk jalan cemerlang lagi ke depan," ujar dia.

Baca Juga: Jokowi Disebut Ingin Pasangkan Ganjar-Prabowo di Pilpres 2024

3. Pernyataan Jokowi soal ciri pemimpin yang layak dipilih pada 2024

Sinyal Jokowi soal Ciri Pemimpin, Kepala BIN: Identik ke Pak PrabowoPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Sebelumnya, Presiden Jokowi memberikan arahan kepada relawan Gerakan Nusantara Bersatu, agar memilih Presiden yang mengerti rakyat pada Pemilu 2024. Hal itu ia sampaikan di depan 150 ribu relawan di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Sabtu (26/11/2022).

Pemimpin yang mengerti rakyat, kata Jokowi, terlihat dari penampilan hingga berambut putih dan kerutan wajah.

"Pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya. Dari penampilannya itu kelihatan. Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua,” kata Jokowi.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya