Sipol KPU Mulai Beroperasi 24 Juni

Sipol KPU berbenah dan siap digunakan dalam waktu dekat

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) sudah bisa diakses mulai 24 Juni 2022 mendatang.

Komisioner KPU Idham Holik mengatakan Sipol sudah bisa dipakai pada tahap pendaftaran parpol nanti yang jatuh pada tanggal 29 Juli 2022.

"Tanggal 24 Juni, Sipol secara online sudah dapat digunakan, dan saat ini parpol sedang mempersiapkan migrasi data," ujar Idham kepada wartawan usai rapat koordinasi di Ruang Sidang Utama Lantai 2 KPU RI, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

1. Perangkat lunak Sipol terus diperbaiki

Sipol KPU Mulai Beroperasi 24 JuniLogo KPU (journal.kpu.go.id)

Idham memastikan akan memperbaiki Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) jelang Pemilu 2024 mendatang.

Idham mengatakan Sipol di tahun 2024 sudah mengalami pembaruan dari versi sebelumnya. Oleh sebab itu, KPU telah melakukan migrasi data.

"Sipol terbaru ini merupakan pembaruan dari aplikasi yang lama. Kenapa harus ada migrasi data, karena kita kan di-update, softwer-nya di-update," ujar Idham.

2. Data lama di Sipol dipastikan aman

Sipol KPU Mulai Beroperasi 24 JuniKomisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Idham Holik (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

KPU memastikan, migrasi data lama yang dilakukan ke Sipol versi terbaru bakal berjalan dengan aman dan lancar.

"Sama halnya sofware di sistem lainnya, kita harus migrasi data. InsyaAllah proses migrasi data ini akan berjalan lancar, tadi sudah dijelaskan secara rinci oleh tim teknis KPU," kata Idham.

3. KPU pastikan data peserta pemilu tidak disalahgunakan

Sipol KPU Mulai Beroperasi 24 JuniIlustrasi capres cawapres (IDN Times/Mardya Shakti)

Lebih lanjut pihaknya memastikan, data peserta pemilu tidak akan disalahgunakan oleh berbagai pihak tak bertanggung jawab. Apalagi Sipol untuk Pemilu 2024 ini sifatnya privasi sehingga dilindungi undang-undang.

"Prinsipnya perlindungan data itu yang utama ya, karena itu kan bersifat privasi diatur dalam peraturan perundang-undangan, insyaAllah kami akan jaga betul keamanan data individu keanggotaan partai," ucap dia.

Baca Juga: Ganjar Diusulkan Jadi Capres NasDem, Begini Respons PDIP 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya