SPBU Antre Panjang, Masyakarat Masih Ada yang Belum Tahu BBM Naik

Harga BBM resmi naik pukul 14.30 WIB

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan sejumlah menteri secara resmi mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, memastikan kenaikan harga BBM jenis Pertalite, Solar, dan Pertamax berlaku mulai Sabtu (3/9/2022), pukul 14.30 WIB.

"Ini berlaku satu jam sejak saat diumumkannya penyesuaian harga. Jadi akan berlaku pada pukul 14.30 WIB," kata Arifin katanya dalam konferensi pers.

Baca Juga: Harga BBM Resmi Naik, Presiden KSPI: Demo Besar 6 September 2022

1. Masyakarat masih ada yang belum tahu BBM naik

SPBU Antre Panjang, Masyakarat Masih Ada yang Belum Tahu BBM NaikSuasana antrean di SPBU kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pasca kenaikan harga BBM, Sabtu (3/9/2022). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Pantauan IDN Times pukul 15.35 WIB di pom bensin Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, antrean kendaraan didominasi pengendara roda dua. Berdasarkan penuturan sejumlah masyarakat, mereka tidak mengetahui adanya kenaikan harga BBM.

Salah satunya seorang pengemudi ojek online (ojol), bernama Usman (43) yang mengaku tidak tahu bahwa BBM jenis Pertalite yang biasa dia beli sudah naik.

"Ya mau gimana lagi kalau sudah naik. Saya gak tahu kalau ini malah udah naik, saya kira belum. Padahal tadinya mau beli (bensin) pagi," ujar Usman saat ditemui di lokasi.

Usman mengaku kenaikan harga BBM tersebut membuat masyakarat, khususnya pengemudi ojol semakin kesulitan.

"Ini (BBM) naik, gak naik aja kita susah cari untung dari orderan. Makin susah ya pastinya buat kita," kata dia.

Konsumen Pertalite lainnya, Hendra (27) menuturkan sudah mengetahui adanya kenaikan BBM. Namun dia tak mengetahui lebih lanjut harga BBM naik pukul 14.30. 

"Saya kira naiknya masih sore, makanya saya rela antre ini bareng sama yang lain. Ternyata sudah naik ya berarti," kata dia.

Baca Juga: Pengamat: Ada Parpol Dukung Kenaikan Harga BBM

2. Pom bensin lain tampak lenggang

SPBU Antre Panjang, Masyakarat Masih Ada yang Belum Tahu BBM NaikSuasana SPBU di kawasan Senayan, Jalan Hang Lekir I, Jakarta Pusat usai pemerintah menaikkan harga BBM, Sabtu (3/9/2022). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, di pom bensin lain yang berada di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, tampak mayoritas antrean kendaraan jenis roda empat. Namun, tak tampak adanya antrean panjang.

Salah satu pengguna kendaraan roda empat, Suryadi, mengatakan, ia mengetahui adanya kenaikan harga BBM. 

"Saya (pakai) Pertamax, sudah tahu saya, tapi saya gak ikut antre karena BBM naik. Ini kebetulan karena habis (bensinnya)," kata Suryadi.

Baca Juga: Taiwan-China Memanas, Partai Gelora Minta Pemerintah Perkuat Intelijen

3. Harga BBM jenis Pertalite, Pertamax, dan Solar resmi naik

SPBU Antre Panjang, Masyakarat Masih Ada yang Belum Tahu BBM NaikPresiden Jokowi rapat dengan sejumlah pemimpin lembaga (dok. Sekretariat Presiden)

Sebagaimana diketahui, mulai pukul 14.30 WIB, harga Pertalite naik dari Rp7.650 per liter menjadi Rp10 ribu per liter. 

Sedangkan Solar naik dari Rp5.150 menjadi Rp6.800 per liter. Kemudian harga BBM non subsidi Pertamax naik dari Rp12.500 menjadi Rp14.500 per liter.

Pengumuman kenaikan BBM tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya