Sudirman Said Berharap PKS Susul Demokrat Usung Anies Baswedan

Komposisi Koalisi Perubahan penuhi presidential threshold

Jakarta, IDN Times - Perwakilan Anies Baswedan dalam tim kecil dalam Koalisi Perubahan, Sudirman Said, mengapresiasi keputusan Demokrat yang mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024.

Sudirman menyatakan langkah baik Partai Demokrat harus disambut karena syarat presidential threshold (ambang batas presiden) dapat segera terpenuhi.

Baca Juga: AHY Ingin Anies Tentukan Wakilnya Sendiri, SKI: Cermin Kenegarawanan

1. PKS diharapkan segera susul deklarasi Anies sebagai Capres 2024

Sudirman Said Berharap PKS Susul Demokrat Usung Anies BaswedanAnies Baswedan melakukan safari politik ke Tanah Papua pada Kamis (8/12/2022). (instagram.com/aniesbaswedan)

Namun, Sudirman masih memiliki satu harapan. Dia ingin dalam waktu dekat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bisa menyusul keputusan NasDem dan Demokrat untuk mendeklarasikan Anies sebagai Capres 2024.

"Tentu yang paling baru, kami ketahui kemarin Ketum Demokrat AHY telah mengeluarkan rilis resmi mendukung pencalonan Bapak Anies Baswedan itu sebagai progres karena dengan begitu sudah mendekati 20 persen tinggal satu lagi. Insya Allah, teman dari PKS menyusul," kata Sudirman Said kepada awak media di Pendopo Anies, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2023).

Baca Juga: LSI Denny JA: Pemilih yang Tak Puas ke Jokowi Akan Pilih Anies di 2024

2. Komposisi Demokrat, NasDem, dan PKS mampu penuhi ambang batas presiden

Sudirman Said Berharap PKS Susul Demokrat Usung Anies Baswedanilustrasi Calon Presiden (IDN Times/Aditya Pratama)

Sudirman menjelaskan ketiga partai politik tersebut sudah bersepakat memberi kepercayaan kepada bakal calon presiden untuk memilih calon pasangannya.  

"Ini semua merupakan dinamika yang patut disyukuri," tutur dia.

Sejalan dengan Sudirman, Tengku Riefky yang juga merupakan anggota tim kecil dari Partai Demokrat berharap PKS segera mengikuti jejak Nasdem dan Demokrat untuk segera mendeklarasi dukungan. Sehingga, harapannya akan membentuk simpatisan baik di level partai maupun akar rumput.

"Alhamdulillah Ketum (AHY) menyampaikan posisinya secara terang benderang terkait mengusung Pak Anies, harapan kami tiga partai segera menandatangani dukungan untuk Pak Anies. Ini terus kami dorong karena deklarasi 20 persen sehingga bisa segera diglorifikasi rakyat yang mendukung perubahan," jelasnya.

Baca Juga: Demokrat Desak Koalisi Perubahan Segera Diumumkan, Anies Jadi Capres

3. PKS matangkan keputusan dukung Anies

Sudirman Said Berharap PKS Susul Demokrat Usung Anies BaswedanMomen ketika Nasional Demokrat mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres untuk dimajukan saat pemilu 2024 pada 3 Oktober 2022. (www.instagram.com/@aniesbaswedan)

Sementara itu, anggota tim kecil dari PKS, Sohibul Iman, menyatakan pihaknya mengapresiasi langkah dari Demokrat. Hanya saja, sampai saat ini pihaknya sedang mematangkan dukungan melalui proses internal partai.

"Saya apresiasi kepada partai Demokrat yang Ketumnya sudah menyampaikan sikap dukungan terhadap Pak Anies. Seperti sudah disampaikan, itu masalah deklarasi partai per partai tergantung proses internal masing-masing. Kami menghormati hak tersebut,” ungkap dia.

Sohibul memastikan PKS mendukung Anies. Buktinya, menurut dia, setia berada di tim kecil. Dengan kehadirannya, Sohibul menyatakan itu menjadi sinyal kalau PKS mendukung Anies.

"Jadi, kalau saya terlibat di tim ini maka artinya kami tetap mendukung pak Anies," ujar Sohibul.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya