Survei: Mayoritas Pemilih Milenial Dukung Partai Pendukung Prabowo

Survei digelar 1 sampai 8 Agustus 2023

Jakarta, IDN Times - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terkait elektabilitas dan pemilih potensial bakal calon presiden (bacapres) di Pemilu 2024.

Hasilnya, mayoritas pemilih milenial memilih partai yang mendukung Prabowo Subianto pada Pemilu 2024.

Baca Juga: Survei LSI: Elektabilitas Ganjar Ungguli Prabowo dan Anies

1. Pemilih milenial mayoritas pilih partai pro-Prabowo

Survei: Mayoritas Pemilih Milenial Dukung Partai Pendukung PrabowoIlustrasi anak muda (IDN Times/Galih Persiana)

Direktur Eksekutif LSI Denny JA, Denny JA mengatakan, pemilih milenial menyumbangkan dukungan sebesar 43,6 persen kepada partai yang pro-Prabowo. Jumlah dukungan tersebut mengalahkan partai pro-Ganjar Pranowo dan partai pro-Anies Baswedan.

"Di generasi milenial partai pro-Prabowo yang unggul. Di generasi ini partai pro-Prabowo mendapatkan 43,6 persen, partai pro-Ganjar mendapatkan 24,5 persen, partai pro-Anies mendapatkan 15,8 persen," kata dia dalam keterangannya, Rabu (30/8/2023).

Baca Juga: Survei: Duet Prabowo-Erick Kalahkan Ganjar-Sandiaga dan Anies-AHY

2. Mayoritas pendukung Jokowi dukung dukung Prabowo

Survei: Mayoritas Pemilih Milenial Dukung Partai Pendukung PrabowoMenteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersilaturahmi ke kediaman Presiden Joko Jokowi" Widodo di Solo, Sabtu (22/4/2023) (Tim Humas Prabowo)

Selain itu, hasil survei menunjukan, sebanyak 57 persen partai politik yang mendukung pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah melabuhkan dukungan kepada Prabowo. Sedangkan 28 persen kepada Ganjar.

"Dilihat dari komposisi partai, 4 dari 7 partai pendukung pemerintahan Jokowi atau sekitar 57 persen berlabuh ke Prabowo. Sebanyak 2 dari 7 partai pendukung Jokowi atau 28 persen mendukung Ganjar," ujar Denny JA.

Baca Juga: Erick Thohir Dinilai Lebih Berpotensi Jadi Cawapres Prabowo

3. Elektabilitas Prabowo meningkat berkat partai Koalisi Indonesia Maju

Survei: Mayoritas Pemilih Milenial Dukung Partai Pendukung PrabowoDeklarasi Golkar dan PAN dukung Prabowo Subianto jadi Capres 2024 (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Survei tersebut juga mencatatkan partai koalisi Prabowo yakni Gerindra, PKB, Golkar, dan PAN, menyumbang elektabilitas yang signifikan. Terbukti Prabowo bertengger di posisi puncak elektabilitas survei dengan torehan angka sebesar 36,2 persen.

Sedangkan Ganjar Pranowo berada di posisi kedua dengan 35,8 persen dan Anies Baswedan di posisi ketiga dengan 19,7 persen.

Soliditas partai pro-Prabowo diperkuat dengan tingginya elektabilitas kala menghadapi Ganjar secara head to head.

Prabowo unggul jika berhadapan dengan Ganjar. Prabowo mendapat angka 51,5 persen sedangkan Ganjar mendapat 43,1 persen.

"Simulasi head to head Prabowo dan Ganjar, memperlihatkan keunggulan Prabowo lebih telak. Elektabilitas Prabowo di angka 51,5 persen. Elektabilitas Ganjar di angka 43,1 persen. Terdapat selisih sebesar 8,4 persen," pungkasnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya