Surya Paloh Temui Jokowi di Istana, NasDem: Silaturahmi!

Pertemuan Jokowi-Paloh digelar sejam lebih

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, menemui Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, pada Senin (17/7/2023) sore.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem, Hermawi Taslim, mengonfirmasi pertemuan Jokowi dan Surya Paloh.

"Sejam lebih, benar (Jokowi dan Surya Paloh) ketemu di Istana," tutur dia dalam keterangannya, Senin. Menurut Hermawi, pertemuan tersebut dalam rangka silaturahmi.

Baca Juga: NasDem Sebut Surya Paloh Dapat Tekanan usai Deklarasikan Anies Capres

1. Isi pembicaraan sejam itu belum diungkap

Surya Paloh Temui Jokowi di Istana, NasDem: Silaturahmi!Istana Merdeka, Jakarta (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Meski demikian, Hermawi tidak menjelaskan lebih lanjut tentang isi pertemuan Surya Paloh dengan Jokowi.

Hubungan NasDem dengan koalisi pemerintah Jokowi menjadi sorotan usai partai tersebut mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pada 3 Oktober 2022

2. NasDem mengaku sempat mendapatkan tekanan

Surya Paloh Temui Jokowi di Istana, NasDem: Silaturahmi!Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP NasDem, Ahmad Ali mengakui setelah NasDem mendeklarasikan Anies, ada banyak tekanan yang menghampiri Ketua Umum DPP NasDem, Surya Paloh. Namun, dia tak menjelaskan tekanan yang dimaksud.

"Dalam keputusan ini banyak orang yang pastinya tidak terpuaskan. Dalam keputusan ini, ketua umum kita banyak mendapat tekanan-tekanan, tapi kita bangga dengan ketegaran ketua umum kita dalam menjaga keputusannya," kata dia saat Apel Siaga Perubahan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGB), Jakarta, Minggu (16/7/2023)..

Baca Juga: Sindiran Surya Paloh, Perjuangan Kader NasDem Dibalas Sel Tahanan

3. Politikus NasDem kena reshuffle

Surya Paloh Temui Jokowi di Istana, NasDem: Silaturahmi!Kejagung Sita Amplop dan Gawai dari Mobil Menkominfo Johnny G Plate pada Rabu (17/5/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) NasDem, Johnny G Plate yang menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) terkena reshuffle menyusul penetapan tersangka dirinya dalam kasus korupsi proyek BTS 4G Kominfo.

Sehingga, saat ini hanya ada dua politikus NasDem yang menjabat di kursi menteri di kabinet Jokowi dan Ma'ruf Amin, yakni Menteri LHK Siti Nurbaya dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Kritik Revolusi Mental Jokowi, Surya Paloh: Belum Jadi Kenyataan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya