Comscore Tracker

Tak Dukung Pencapresan Anies, PA 212: Takut Pecah Belah Umat

PA 212 enggan dukung capres dari Partai NasDem

Jakarta, IDN Times - Tokoh Front Pembela Islam (FPI) dan Koordinator Humas Persaudaraan Alumni 212, Novel Bamukmin, menyatakan, pihaknya tidak mendukung calon Presiden (capres) yang diumumkan Partai NasDem.

Diketahui, Partai NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024. Keputusan itu diumumkan langsung Ketua Umum NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Baca Juga: Fadli Zon Tanggapi Janji Anies Tak Nyapres Jika Lawan Prabowo

1. Khawatir memecah belah umat

Tak Dukung Pencapresan Anies, PA 212: Takut Pecah Belah UmatUmat muslim mengikuti aksi reuni 212 di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (2/12/2018) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Novel mengatakan, pihaknya enggan mendukung pencapresan Anies Baswedan oleh Partai NasDem lantaran khawatir terjadi konflik internal yang memecah belah persatuan umat.

"Kami tidak mendukung deklarasi NasDem, takut memecah belah umat," kata Novel Bamukmin dalam keterangan tertulis yang diterima Kamis (4/10/2022).

Baca Juga: Gerindra Siap Lawan Capres NasDem Anies di Pilpres 2024

2. Kader NasDem pernah dilaporkan atas dugaan penistaan agama Islam

Tak Dukung Pencapresan Anies, PA 212: Takut Pecah Belah UmatIDN Times/Margith Juita Damanik

Novel menjelaskan, pihaknya pernah melaporkan salah satu kader NasDem yang kini menjadi Gubernur NTT, Viktor Laiskodat, dengan dugaan penistaan terhadap agama Islam.

"Kami dari Spirit 212 sampai dua kali mendemo Mabes Polri dan DPP Partai NasDem terkait masalah ini," ujar dia.

Baca Juga: NasDem Bantah Usung Anies karena Mau Gaet Suara Islam Garis Keras

3. Novel geram dengan pemberitaan FPI

Tak Dukung Pencapresan Anies, PA 212: Takut Pecah Belah UmatIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Selain itu, Novel juga mencurigai NasDem menjalin kerja sama dengan pihak luar. Termasuk pemberitaan di media milik Surya Paloh yang dinilai sering membingkai pemberitaan FPI yang anarkis.

Salah satunya, pemberitaan tentang pemenjaraan 7 orang para petinggi FPI termasuk Rizieq Shihab dalam perkara perayaan Maulid dan kasus RS UMI.

Oleh sebab itu, Novel meminta klarifikasi Surya Paloh terkait hal tersebut. Apalagi, kini NasDem telah mendeklarasikan Anies Baswedan.

Baca Juga: Nasdem Usung Anies, PKS DKI: Semoga Partai Lain Menyusul

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya