Tren Elektabilitas PAN Diprediksi Tembus Parliamentary Threshold

Zulhas tak pungkiri PAN merupakan partai underdog

Jakarta, IDN Times - Elektabilitas atau tingkat keterpilihan Partai Amanat Nasional (PAN) menunjukkan tren positif dan menembus ambang batas parlemen (parliamentary threshold).

Hal itu terekam dalam hasil survei yang digelar lembaga Indikator Politik. Survei nasional Indikator Politik yang digelar pada 15 sampai 21 Juli 2023 itu meneguhkan posisi PAN kembali terpilih sebagai partai parlemen dalam Pileg 2024.

Baca Juga: Posisi PKB di KKIR Dinilai Terancam Usai Golkar-PAN Dukung Prabowo

1. Survei elektabilitas parpol di Indikator Politik

Tren Elektabilitas PAN Diprediksi Tembus Parliamentary Thresholdilustrasi survei (IDN Times/Aditya Pratama)

Dalam survei tersebut, tercatat ada delapan parpol yang berhasil meraih elektabilitas dan lolos ambang batas parlemen, termasuk PAN.

"PDIP paling banyak dipilih 24,7 persen unggul signifikan dari partai lain. Gerindra 12,3 persen, Golkar 10,7 persen, PKB 8 persen, Demokrat 6,9 persen, PKS 5,3 persen, NasDem 5 persen, dan PAN 4,3 persen," ucap Peneliti Utama Indikator, Burhanuddin Muhtadi, dalam keterangannya, Jumat (18/8/2023).

Baca Juga: PAN Usulkan Nama Baru Koalisi: Indonesia Maju Berdaulat

2. PAN menunjukkan tren positif

Tren Elektabilitas PAN Diprediksi Tembus Parliamentary ThresholdKetua Umum PAN Zulkifli Hasan saat berorasi di depan Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (12/5/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, survei teranyar yang diterbitkan Indonesia Political Opinion (IPO) pada periode 5 sampai 13 Juni 2023 juga menunjukkan tren positif PAN yang terus bertumbuh.

Dalam survei tersebut, PAN meraih elektabilitas lima persen dan menyalip partai-partai lain seperti PKS, PPP, dan Perindo.

Baca Juga: Berbalik Dukung Prabowo, PAN Minta Kadernya Gak Usah Baperan di Pilpres 2024

3. Zulhas sebut PAN sering jadi partai underdog

Tren Elektabilitas PAN Diprediksi Tembus Parliamentary ThresholdKetua Umum PAN Zulkifli Hasan (dok Istimewa)

Menanggapi tren positif elektabilitas PAN di dalam survei, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, optimistis perolehan suara PAN akan terus membaik pada Pemilu 2024.

"Memang PAN sering underdog di survei, tapi kenyataannya selalu lolos ke Senayan. Sebelumnya PAN selalu disebut 1 atau 2 persen, tapi kenyataannya lolos dengan 7 persen perolehan suara dalam pemilu. Kalau sekarang di survei 4-5 persen, saya kira hasilnya Insyaallah lebih baik nanti," kata dia dalam keterangannya, Jumat.

Pria yang akrab dipanggil Zulhas itu menuturkan, hasil survei ini bakal dijadikan masukan bagi partainya sebagai acuan untuk membuat program kerja di Pemilu mendatang. Torehan ini, kata Zulhas, merupakan kerja keras semua kader PAN.

"Semua kader bekerja keras, dari pusat sampai daerah. Saya yakin hasilnya akan maksimal. Survei-survei ini harus menjadi pemicu semangat dan sekaligus tantangan buat kader," ujar Zulhas.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Golkar-PAN Dukung Prabowo, Megawati: Perkuat Akar Rumput

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya