Comscore Tracker

Umumkan Capres Saat Tragedi Kanjuruhan, NasDem: Jangan Dipolitisasi!

Deklarasikan Capres 2024, bukan berarti NasDem tak berempati

Jakarta, IDN Times - Politikus NasDem, Zulfan Lindan, menanggapi isu yang beredar terkait pengumuman Anies Baswedan sebagai calon Presiden (capres) 2024 di tengah tragedi berdarah Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, oleh partainya.

Zulfan merespons banyaknya pihak yang menyudutkan NasDem lantaran dinilai deklarasikan capres saat kondisi sedang berduka.

Baca Juga: NasDem Usul Usia Minimal Capres 21 Tahun, Pengamat: Khawatir Labil

1. Tragedi Kanjuruhan jangan dipolitisasi

Umumkan Capres Saat Tragedi Kanjuruhan, NasDem: Jangan Dipolitisasi!Politikus NasDem Zulfan Lindan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Zulfan menegaskan, agar tidak ada pihak yang mempolitisasi tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan untuk menyudutkan NasDem. Dia menjelaskan, NasDem mendeklarasikan capres 2024 saat itu, bukan berarti tidak peduli dan tidak berduka terhadap ratusan masyarakat yang meninggal di Malang.

"Jadi jangan seolah-olah duka itu satu momen saja. Banyak sekali yang harus kita berduka. Jadi jangan seolah-olah dipolitisasi kalau bikin acara begini lalu dinilai tidak empati kepada yang berduka," kata dia dalam acara diskusi bertajuk 'Diusung NasDem Masihkah Anies Bisa Dijegal KPK', di Jakarta Selatan, Rabu (5/10/2022).

"Kita setiap hari berduka kok, kita setiap hari menangis. Kasus Ferdy Sambo kita juga menangis, jadi jangan lagi hal-hal seperti ini dipolitisasi ya seolah-olah kita tidak berduka," sambung Zulfan.

Baca Juga: Pengamat Nilai Keputusan NasDem Usung Anies Bikin Demokrat Dilema

2. NasDem klaim setiap hari berduka

Umumkan Capres Saat Tragedi Kanjuruhan, NasDem: Jangan Dipolitisasi!IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Zulfan mengatakan, setiap hari pihaknya selalu berduka. Salah satunya karena orang miskin dan meninggal yang bertambah.

"Saya perlu menanggapi soal berduka ini yang ramai di medsos, saya kira setiap hari kita berduka, orang miskin bertambah, korban bertambah di mana-mana," kata dia.

Baca Juga: Gerindra Siap Lawan Capres NasDem Anies di Pilpres 2024

3. Anies dideklarasikan NasDem jadi capres 2024

Umumkan Capres Saat Tragedi Kanjuruhan, NasDem: Jangan Dipolitisasi!Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Tower NasDem jelang pengumuman capres, Senin (3/10/2022) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Diketahui, Partai NasDem resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres yang akan diusung pada Pilpres 2024. Deklarasi itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

Surya Paloh menitipkan bangsa Indonesia kepada Anies. Dia berharap, Anies mampu memimpin bangsa Indonesia dengan baik apabila terpilih sebagai presiden pada 2024.

"Inilah mengapa kami ingin menitipkan perjalanan bangsa ini ke ke depan, insyaallah jika saudara Anies Baswedan terpilih, pimpinlah bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat, bangsa yang mampu membentuk karakter," ujar Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Dalam deklarasi itu, Anies Baswedan duduk bersebelahan dengan Surya Paloh. Di belakangnya, ada sejumlah pengurus DPP Partai NasDem.

Baca Juga: Hormati NasDem, AHY Bicara Kans Maju Pilpres dengan Anies

4. Surya Paloh sempat heningkan cipta saat deklarasikan Anies

Umumkan Capres Saat Tragedi Kanjuruhan, NasDem: Jangan Dipolitisasi!Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh deklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024 (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan yang sama, Surya Paloh sempat terlebih dahulu memberikan pidato. Mengawali pidatonya, Surya Paloh mengajak kader NasDem yang hadir untuk mengheningkan cipta untuk korban tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

"Mari saudara-saudara, saya mengajak untuk mengheningkan cipta terhadap peristiwa di Stadion Kanjuruhan," ujar Paloh.

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya