Usul Demo di Patung Kuda Dipindahkan, Kapolda Metro: Biar Efektif

Demo dipindah supaya tak mengganggu aktivitas warga

Jakarta, IDN Times - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, mengusulkan masyarakat yang menggelar aksi demonstrasi di dekat Istana Negara, Jakarta Pusat dipindahkan.

Dia mengusulkan jika aksi demonstrasi yang semula berada di kawasan Patung Kuda, bisa dialihkan ke Silang Monas Barat Daya.

1. Dipindahnya lokasi demo supaya penyampain aksi lebih efektif

Usul Demo di Patung Kuda Dipindahkan, Kapolda Metro: Biar EfektifMassa GNPR yang berdemo mengambil wudu untuk salat asar pakai air kolam Patung Kuda. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Fadil menuturkan, usulan tersebut didasari atas pertimbangan kenyaman masyarakat ibu kota. Menurut dia dengan dipindahkannya lokasi demo, aksi penyampain aspirasi tidak menganggu aktivitas warga, lantaran tidak perlu menutup jalan seperti yang saat ini dilakukan.

"Jadi dengan begitu dia akan lebih efektif, lebih efisien, tidak perlu banyak banyak polisi," ujar dia kepada awak media di Patung Kuda, Jakarta Pusat.

"Jadi itu harapan saya, bagaimana pun menyampaikan pendapat itu merupakan sebuah hak. Tapi di sisi lain kenyamanan warga Jakarta juga menjadi sebuah keniscayaan sebuah hak yang harus diperhatikan," sambung Fadil.

Baca Juga: Demo Tolak BBM, GNPR: Pemerintah seperti Drakula Hisap Darah Rakyat

2. Usulan demo dipindah sudah pernah dibicarakan ke Gubernur DKI

Usul Demo di Patung Kuda Dipindahkan, Kapolda Metro: Biar EfektifDemo buruh di Patung Kuda, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Fadil memastikan usulan tersebut sudah pernah dibahas dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dia menyampaikan langsung masukan itu ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Sudah, saya sudah pernah ngomong sama Pak Gubernur. Nah mungkin sekarang Pak Anies kan tinggal sebulan lagi. Tinggal saya bilang lagi mungkin dengan Plt Gubernur berikutnya," ujar dia.

Baca Juga: Demo Bawa Panci dan Centong, Emak-Emak Sebut BBM Naik Bikin Cerai

3. Kapolda siap diskusi dengan seluruh lapisan masyarakat

Usul Demo di Patung Kuda Dipindahkan, Kapolda Metro: Biar EfektifDemo PA 212 di Patung Kuda, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, Fadil memastikan usulan itu nantinya bakal dibahas lebih dalam bersama seluruh elemen masyarakat, termasuk buruh, mahasiswa, hingga ormas.

"Kita akan diskusikan lebih intens, nanti dengan civil society, dengan adik-adik mahasiswa dengan teman-teman buruh, dengan ormas saya juga akan undang. Jadi, mudah mudahan itu akan menjadi sebuah kenyataan," kata dia.

Baca Juga: Demo Tolak BBM, Massa Ramai-Ramai Wudu Pakai Air Kolam Patung Kuda

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya