Zulhas Beberkan Alasan PAN Bertransformasi Jadi Terbuka ke Semua Umat

Zulhas nilai perbedaan merupakan sesuatu yang biasa

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, sukses membawa perubahan partainya menjadi terbuka dan tidak inklusif bagi kalangan Muhammadiyah saja.

Diketahui, sudah jadi rahasia umum partai matahari putih lahir dari rahim Muhammadiyah, seakan memberi kesan PAN partai tertutup. Namun, belakangan ini, PAN bertransformasi menjadi partai terbuka untuk semua umat Islam.

Baca Juga: PAN Dorong Pengembangan UMKM, Zulhas Ingatkan Kontribusi Perekonomian

1. Alasan Zulhas rangkul semua golongan, termasuk NU

Zulhas Beberkan Alasan PAN Bertransformasi Jadi Terbuka ke Semua UmatIlustrasi - Umat muslim menunaikan ibadah salat Idul Adha di Masjid Al Azhar, Jakarta. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/pras.)

Politikus yang akrab disapa Zulhas itu mengungkapkan alasan PAN kini terbuka untuk semua umat, termasuk kalangan Nahdlatul Ulama (NU) atau nahdliyin. Dia menilai partai politik punya peran sebagai pemersatu bangsa. Karena itu, dia berusaha keras memperkuat persatuan dengan merangkul semua golongan, termasuk warga nahdliyin.

"Jadi begini, memang parpol itu fungsinya memajukan peradaban. Oleh karena itu PAN berusaha keras agar umat Islam memperkuat persatuan, bersatu walaupun berbeda," ujar dia dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (12/7/2023).

2. Perbedaan pilihan soal ormas Islam dan parpol adalah wajar

Zulhas Beberkan Alasan PAN Bertransformasi Jadi Terbuka ke Semua Umatilustrasi muslim (unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan)

Zulhas lantas menanggapi salah satu upaya PAN merangkul semua golongan diwujudkan dengan cara menggelar acara peringatan Satu Abad NU bertajuk "Simposium Nasional" di Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Bahkan, dalam acara itu turut hadir Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya, Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf, dan jajaran pengurus PBNU Jatim. Dalam acara itu, Gus Yahya juga sempat menyebut PAN rasional, dan menegaskan tidak ada larangan warga NU mencoblos PAN di Pemilu 2024.

Respons positif ini ditanggapi Zulhas dengan rasa syukur, karena dia sudah dua tahun berusaha mendudukan bersama NU dan Muhammadiyah. Menurutnya, perbedaan pilihan soal ormas Islam dan parpol adalah hal biasa dan wajar.

"Beda partai, tapi harmoni persatuan itu penting. Itu terus saya lakukan selama hampir dua tahun, terutama mempersatukan, duduk bareng. Mempersatukan artinya bukan sama ya, mendudukkan bareng NU dan Muhammadiyah sudah dua tahun saya. Alhamdulilah ini Ketum PBNU Gus Yahya datang," ucap dia.

Baca Juga: PAN Nilai Perlu Ada Tindakan Serius Atasi Kasus Kekerasan Perempuan

3. Zulhas berharap bisa bawa kesejukan di tengah masyarakat

Zulhas Beberkan Alasan PAN Bertransformasi Jadi Terbuka ke Semua UmatMenteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. (IDN Times/Trio Hamdani).

Zulhas lantas menyebut dengan bertransformasinya PAN menjadi partai yang terbuka, diharapkan bisa membawa suasana di masyarakat semakin sejuk, khususnya antara NU dan Muhammadiyah.

"Dengan itu masyarakat adem, tenang. Kalau masyarakat tenang, kita bisa membangun gitu. Bahwa soal pilihan-pilihan, terserah masing-masing," ujar dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/AXyT7lRkDWo

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya