23 Juli Hari Waspada Cacing: Sejarah dan Cara Memperingati

Yuk, hidup sehat tanpa cacingan!

Jakarta, IDN Times - Setiap tanggal 23 Juli, masyarakat Indonesia merayakan Hari Anak Nasional. Namun, tahukah kamu? pada tanggal yang sama diperingati juga sebagai Hari Waspada Cacing, lho.

Hari Waspada Cacing ini diperingati masyarakat Indonesia agar meningkatkan kesadaran tentang bahaya penyakit cacingan yang sering kali menimpa anak Indonesia. Penyakit ini juga dapat menurunkan kesehatan bagi penderitanya.

Banyak orang kurang menyadari akan bahayanya penyakit cacing untuk kesehatan tubuh. Untuk itu, setiap tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Waspada Cacing. Penasaran dengan sejarah dan cara memperingatinya? Simak selengkapnya!

Baca Juga: 23 Juli Hari Anak Nasional: Begini Sejarahnya

1. Sejarah Hari Waspada Cacing

23 Juli Hari Waspada Cacing: Sejarah dan Cara Memperingatiilustrasi sakit perut (dok. Cleveland Clinic's Health Essentials)

Hari Waspada Cacing bermula dari kerja sama antara Dinas Kesehatan DKI Jakarta dengan salah satu produsen obat cacing, yakni Johnson & Johnson. Kerja sama ini diadakan pada Jumat 23 Juli 2021 di Gelanggang Samudra Ancol, Jakarta Utara.

Berdasarkan hasil survei Kemenkes, rata-rata 30% anak Indonesia menderita penyakit cacingan. Penyakit ini menimbulkan masalah percernaan, lesu, dan tidak bersemangat.

Untuk mengendalikan penyakit cacingan yang ada di Indonesia, pemerintah melakukan kemitraan dengan swasta dan masyarakat. Hal ini dilakukan agar bisa lebih mandiri dan bersih dalam menjaga kesehatannya. 

Selanjutnya, pemerintah meluncurkan program 3J, yakni Jaga kebersihan diri, Jaga kebersihan makanan, dan Jaga kebersihan lingkungan. Berkat acara tersebut, setiap tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Waspada Cacing.

2. Cara memperingati Hari Waspada Cacing

23 Juli Hari Waspada Cacing: Sejarah dan Cara Memperingatiilustrasi sakit perut (Freepik.com/freepik)

Peringatan Hari Waspada Cacing dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakan akan bahayanya infeksi cacing. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, lho.

Tahun lalu, acara peringatan Hari Waspada Cacing dihadiri oleh ribuan anak-anak dari berbagai sekolah dasar di DKI Jakarta. Acara tersebut merupakan penandatanganan komitmen antara Kemenkes, Dinkes, serta Johnson & Jhonson dalam upaya pemberantasan dan pengendalian penyakit cacingan.

Selanjutnya, kamu bisa merayakan Hari Waspada Cacing dengan membuat status di media sosial tentang bahaya penyakit cacingan dan membuat desain atau poster. Selain itu, kamu juga bisa mengajarkan anak-anak tentang bahaya penyakit cacingan.

3. Apa itu penyakit cacingan?

23 Juli Hari Waspada Cacing: Sejarah dan Cara Memperingatiilustrasi cacingan (denisemira.com)

Cacingan merupakan penyakit infeksi parasit cacing yang tinggal di dalam usus manusia. Cacing ini menetap di usus dan bertahan hidup dengan mengambil sari-sari makanan yang ada di dalam usus.

Jenis cacing yang dapat menginfeksi tubuh manusia cukup beragam, lho, mulai dari cacing pita, cacing gelang, dan cacing tambang. Infeksi ini dapat mengakibatkan gangguan pencernaan, gangguan pernapasan, hingga penyakit kulit.

4.Tips mencegah penyakit cacingan

23 Juli Hari Waspada Cacing: Sejarah dan Cara Memperingatiilustrasi sakit perut (Freepik.com/freepik)

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari penyakit cacingan. Secara garis besar kamu perlu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, simak selengkapnya:

  • Cuci tangan secara teratur, terutama setelah buang air, mengganti popok bayi, sebelum memasak, dan sebelum makan.
  • Simpan daging mentah dan ikan dengan baik, kemudian masak hingga matang.
  • Cuci buah dan sayur dengan benar sebelum dikonsumsi.
  • Berikan obat cacing untuk binatang peliharaan, seperti kucing dan anjing, secara berkala.
  • Hindari berjalan tanpa alas kaki dan menyentuh tanah atau pasir tanpa sarung tangan.
  • Gunting kuku secara teratur dan hindari menggigit

Itu dia sejarah 23 Juli sebagai Hari Waspada Cacing dan cara memperingatinya. Selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan agar terhindar dari penyakit cacing. Selamat Hari Waspada Cacing!

Baca Juga: Waspada! 6 Jenis Cacing Ini Bisa Menginfeksi Manusia

Topik:

  • Zihan Berliana Ram Ghani
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya