BUMN Gelar Upacara HUT Ke-74 Republik Indonesia di Kementerian BUMN

Upacara kemerdekaan jadi kegiatan rutin tahunan program BHUN

Jakarta, IDN Times - Enam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjadi panitia rangkaian acara BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) di DKI Jakarta, yakni PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Petrokimia Gresik, Perum PPD, Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), dan PT Virama Karya (Persero), menggelar upacara dalam rangka HUT ke-74 Republik Indonesia di halaman Gedung Kementerian BUMN. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Deputi Bidang Energi, Logistik, Kawasan, dan Pariwisata, Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah. 

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Aas Asikin Idat selaku PIC BHUN Wilayah DKI Jakarta, menjelaskan, upacara kemerdekaan tersebut diikuti 1.200 orang yang terdiri atas karyawan-karyawan BUMN, dan juga dari Kementerian BUMN. Upacara ini pun merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN). 

1. BUMN Hadir untuk Negeri merupakan satu program yang bergulir terus

BUMN Gelar Upacara HUT Ke-74 Republik Indonesia di Kementerian BUMNIDN Times/PT Pupuk Indonesia

Menurut Deputi Bidang Energi, Logistik, Kawasan, dan Pariwisata, Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah, BUMN Hadir untuk Negeri merupakan satu program yang bergulir terus. Jadi, banyak sekali program-program BUMN. Setiap tahun programnya akan selalu berubah. Kalau tahun lalu ada program bedah rumah veteran, kalau sekarang programnya fokus pada pendidikan dan peribadatan.

"Tadi juga kita sudah melihat santunan kepada rumah yatim, kemudian pemberdayaan masyarakat, baik bidang pendidikan, kesehatan, dan juga hal lainnya. Jadi, ini rangkaian yang terus-menerus kita jalankan setiap tahunnya,” tambah Edwin Hidayat Abdullah setelah melaksanakan upacara HUT ke-74 RI, di Kementerian BUMN, Jakarta, Sabtu (17/8). 

Tak hanya upacara HUT ke-74 RI, pada kali ini, rangkaian kegiatan BHUN yang digelar antara lain Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dan Jalan Sehat. Kegiatan Jalan Sehat digelar pada 18 Agustus lengkap dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis, ragam perlombaan dan permainan tradisional, pameran produk UMKM binaan BUMN, kuliner, dan pergelaran busana bahan limbah. 

“Untuk kegiatan Jalan Sehat rencananya diikuti 4.500 orang. Selain itu, ada juga kampanye Diet Plastik. Artinya, minuman-minuman yang biasanya pakai plastik ini nanti dapat ditukar dengan alat minuman yang tidak mengandung plastik di kegiatan besok,” kata Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Aas.

2. Penyerahan CSR Pupuk Indonesia kepada warga Kelurahan Pasar Baru

BUMN Gelar Upacara HUT Ke-74 Republik Indonesia di Kementerian BUMNIDN Times/PT Pupuk Indonesia

Seusai pelaksanaan upacara dilakukan juga penyerahan Corporate Social Responsibility (CSR) Pupuk Indonesia kepada warga Kelurahan Pasar Baru. Terkait dengan program CSR, setiap tahunnya akan selalu dilaksanakan karena setiap BUMN juga ada program CSR-nya. 

“CSR yang dilakukan Pupuk Indonesia beserta dengan anak perusahaan kita lakukan dalam bentuk bantuan-bantuan. Program CSR diharapkan bisa dirasakan dan bisa membantu masyarakat,” tambah Aas. 

Adapun rincian CSR Pupuk Indonesia ialah sebagai berikut.

1) CSR pembangunan Panti Asuhan Yayasan Yatim Al-Abror Palmerah, Jakarta Barat;

2) CSR renovasi Musala Baiturrahman Sawah Besar, Jakarta Pusat;

3) CSR pembangunan MCK, sanitasi, dan penyediaan air bersih di empat lokasi Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Perlu diketahui juga, pemilihan lokasi CSR di Kelurahan Pasar Baru tersebut berdasarkan usulan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia. “Diharapkan dengan adanya fasilitas MCK, sanitasi, dan air bersih yang layak, masyarakat setempat dapat meningkatkan kebiasaan pola hidup bersih dan sehat sehingga bisa terhindar dari segala bentuk kegiatan penyalahgunaan narkoba,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi DKI Jakarta, Joko Pramono.

3. Program BUHN merupakan aksi nyata BUMN membangun kesejahteraan dan pemerataan hasil pembangunan bagi rakyat Indonesia

BUMN Gelar Upacara HUT Ke-74 Republik Indonesia di Kementerian BUMNIDN Times/PT Pupuk Indonesia

Selain itu, menurut Aas, keberadaan program BHUN juga ditujukan untuk mampu menghadirkan aksi nyata BUMN dalam rangka membangun kesejahteraan dan juga berperan dalam pemerataan hasil pembangunan bagi seluruh rakyat Indonesia. 

"Program BHUN ini telah dilaksanakan secara berkesinambungan sejak tahun 2015. Sebagai komitmen BUMN untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia kepada seluruh masyarakat di seluruh pelosok negeri. Jadi, bukan hanya keuntungan dinikmati BUMN. Karena BUMN ini adalah milik negara, melalui CSR, (keuntungan) ini harus dikembalikan juga kepada masyarakat," imbuh Aas.

4. Program Siswa Mengenal Nusantara merupakan salah satu rangkaian kegiatan BHUN

BUMN Gelar Upacara HUT Ke-74 Republik Indonesia di Kementerian BUMNIDN Times/PT Pupuk Indonesia

Seusai pelaksanaan upacara, ada juga penyambutan secara resmi para peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Maluku oleh jajaran direksi BUMN. Program SMN merupakan salah satu rangkaian kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri. Sebanyak 23 pelajar SMA sederajat dan SLB terpilih untuk mewakili Provinsi Maluku dalam program SMN 2019 telah tiba di Jakarta pada Rabu (14/8) malam lalu. 

Selama di Ibu Kota, para peserta SMN didampingi guru berprestasi, Dinas Pendidikan Provinsi Maluku, dan BUMN yang menjadi panitia rangkaian acara BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) di DKI Jakarta.

Selama 10 hari ke depan, siswa-siswi SMN akan mendapatkan wawasan mengenai pengenalan BUMN, budaya, bela negara, pemanfaatan teknologi, cinta lingkungan, dan edukasi lainnya untuk memperkaya cinta bangsa dan Tanah Air. Para siswa telah menerima edukasi wawasan kebangsaan dan bela negara bersama dengan Paskhas 461 TNI-AU di Lanud Halim Perdanakusuma selama dua hari terakhir.

“Saya merasa senang bisa ke sini (Jakarta) karena ini sesuatu hal yang belum pernah terpikirkan oleh saya. Melalui program ini (SMN), saya juga bisa melihat langsung bagaimana situasi di Ibu Kota Negara. Kita juga di sini bisa mendapatkan banyak ilmu. Kita juga datang bukan cuma untuk jalan-jalan, melainkan juga bisa belajar di sini,” ujar Hans Pirsouw dari SMK Kristen Seram Barat, salah satu peserta SMN 2019.

Selanjutnya, para siswa akan diberikan wawasan pendidikan dengan mengunjungi sekolah unggulan MH Thamrin Jakarta, wawasan tentang BUMN dengan mengunjungi pabrik dan proyek-proyek BUMN yang ada di Jakarta dan sekitarnya, mengunjungi tempat bernilai sejarah dan sosial budaya, seperti Monas, Masjid Istiqlal, dan Katedral, melakukan perjalanan dengan MRT, hingga wawasan entrepreneurship di Rumah Kreatif BUMN, serta masih banyak kegiatan edukatif lainnya.

Topik:

  • Marwan Fitranansya
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya