Kawasan Wisata Modern Dikembangkan di Stasiun MRT Jakarta 

Hal itu juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian

Jakarta, IDN Times - Kawasan wisata modern bakal terus dikembangkan di Jakarta. Yang terbaru ialah dengan membangun destinasi wisata kuliner dan belanja di Stasiun MRT Jakarta.

Untuk mendukung pengembangan ini, Pemprov DKI Jakarta melalui Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan akan berupaya maksimal mengingat banyaknya pengunjung yang naik Kereta Ratangga, khususnya saat akhir pekan. 

"Kami mengamati penumpang banyak yang naik MRT saat Sabtu dan Minggu, namun jarang yang turun untuk berwisata," ungkap Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan Imron Yunus beberapa waktu lalu.

Untuk itu, Imron melanjutkan, pengembangan stasiun MRT menjadi destinasi wisata dan belanja akan dimaksimalkan sampai menjadi kawasan wisata modern.

"Untuk menjadikan destinasi wisata itu ramai, maka perlu ada festival dan kegiatan rutin. Ada festival budaya Jepang di Blok M, diadakan setiap tahun yang menarik banyak pengunjung," ujar Imron.

Sebelumnya, beberapa stasiun MRT sudah mengembangkan destinasi wisata kuliner dan belanja berkonsep ramah wisatawan, antara lain Stasiun MRT Fatmawati, Cipete, dan Blok M.

Salah seorang penumpang yang biasa menggunakan MRT, Mela, mengatakan bahwa pengembangan destinasi wisata di stasiun MRT yang terus dilakukan akan sangat membantu para penumpang ketika membutuhkan sesuatu yang mendesak saat perjalanan.

“Menurut saya pengembangan destinasi wisata di MRT itu baik dan mempermudah. Asal tidak mengganggu kenyamanan dan tidak terlalu banyak, mobilitas kita tidak akan terganggu ketika hendak menaiki MRT. Pengembangan itu sebenarnya membantu,” tutur Mela.

Imron mengatakan, pengembangan destinasi wisata di stasiun MRT juga akan mengangkat kebudayaan Betawi meski berkonsep wisata modern. Produk lokal pun dijual di beberapa UMKM dengan mendirikan kios-kios di stasiun MRT.

"Pengembangan wisata modern diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," tutur Imron.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya