PT Pupuk Indonesia dan 5 BUMN Lainnya Gelar Jalan Sehat Sukseskan BHUN

BUMN terus bersinergi untuk Indonesia

Jakarta, IDN Times - PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama lima BUMN lainnya, yaitu PT Virama Karya, PT Indra Karya, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), PT PPD, dan PT Petrokimia Gresik mengoordinasi kegiatan Jalan Sehat BUMN 5 km di seputaran kawasan Thamrin-Sudirman dalam rangka HUT ke-74 RI. Kegiatan tersebut sebagai bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) di DKI Jakarta, Minggu (18/8).

Deputi Bidang Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) Edwin Hidayat Abdullah, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Bpk Aas Asikin Idat, Direktur Utama PT Indra Karya Bpk Ir Milfan Rantawi, Direktur Utama PT Jakarta Industrial Estate Bpk Landi R Magaweang, Direktur Pemasaran PT Petrokimia Gresik Bpk Meinu Sadariyo, Direktur Utama PPD Bpk Pande Putu Yasa, Direktur Utama PT Virama Karya Bpk Jusarwanto melepas 4500 karyawan dan masyarakat yang turut memeriahkan kegiatan Jalan Sehat tersebut.

1. Jalan Sehat BUMN 5K program BHUN merupakan rangkaian acara dari sejumlah kegiatan yang digelar

PT Pupuk Indonesia dan 5 BUMN Lainnya Gelar Jalan Sehat Sukseskan BHUNIDN Times/Ezri TS

Penanggung jawab kegiatan BHUN wilayah DKI, Direktur Utama Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat, mengungkapkan bahwa jalan sehat bersama keluarga BUMN dan masyarakat tersebut merupakan rangkaian acara dari sejumlah kegiatan yang digelar BUMN.

"Tujuan rangkaian acara ini intinya karena BUMN ini milik masyarakat. Kita perlu hadir di negeri ini, di mana kita mendapat keuntungan lain, itu harus kita kembalikan untuk masyarakat," kata Aas.

Aas menambahkan, “Intinya, sesuai amanah Kementerian BUMN, kami ingin berbagi kebahagiaan dengan masyarakat di HUT ke-74 RI ini."

2. Selain Jalan Sehat, pemeriksaan kesehatan gratis juga digelar dalam rangkaian acara program BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN)

PT Pupuk Indonesia dan 5 BUMN Lainnya Gelar Jalan Sehat Sukseskan BHUNIDN Times/Ezri TS

Sebanyak 200 orang menerima fasilitas cek kesehatan gratis yang terdiri dari pemeriksaan gula darah, tekanan darah, asam urat, dan konsultasi dokter. Selain pemeriksaan kesehatan gratis, ada pula pameran UMKM binaan BUMN, kuliner gratis, aneka lomba, dan lain sebagainya.

“Pada kesempatan ini kami juga menggelar pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat di sekitar kantor Kementerian BUMN," tutur Aas.

3. Para peserta Jalan Sehat program BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) juga dapat mengikuti kampanye diet plastik

PT Pupuk Indonesia dan 5 BUMN Lainnya Gelar Jalan Sehat Sukseskan BHUNIDN Times/Ezri TS

Kampanye diet plastik kepada masyarakat juga gelar dalam rangkaian acara Jalan Sehat tersebut. Para peserta dapat menukarkan botol plastik dengan produk ramah lingkungan, seperti sedotan bambu dan tas daur ulang. Bank Sampah La Tanza binaan Pupuk Kujang akan mengolah botol plastik yang terkumpul menjadi produk yang bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomi serta turut memberdayakan nasabah bank sampah tersebut.

"Yang unik itu kita mengadakan diet plastik. Kita akan menerima plastik-plastik. Nah, nanti akan kita ganti dengan tempat minum yang ramah lingkungan," tutur Aas.

Kampanye diet plastik tersebut ditandai dengan peragaan busana dari para model yang memakai busana berbahan daur ulang plastik dan barang tak terpakai.

4. Sebelum acara Jalan Sehat, penyerahan bantuan pembangunan untuk Kelurahan Pasar Baru, Jakarta Pusat, juga dilangsungkan

PT Pupuk Indonesia dan 5 BUMN Lainnya Gelar Jalan Sehat Sukseskan BHUNIDN Times/Ezri TS

Program BUMN Hadir Untuk Negeri sendiri digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia. Khusus untuk wilayah DKI, sebelumnya program BHUN juga telah menyerahkan bantuan pembangunan panti asuhan di wilayah Palmerah, renovasi musala di kawasan Sawah Besar, serta pembangunan MCK dan penyediaan air bersih di Kelurahan Pasar Baru, Jakarta Pusat.

5. Siswa-siswi dari luar Jakarta juga ikut memeriahkan acara dengan sebelumnya mengikuti berbagai kegiatan yang digelar BHUN

PT Pupuk Indonesia dan 5 BUMN Lainnya Gelar Jalan Sehat Sukseskan BHUNIDN Times/Ezri TS

Siswa-siswi SMA asal Maluku juga turut memeriahkan BHUN dalam kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN). Sebanyak 23 siswa SMA dan SLB terpilih mewakili Propinsi Maluku untuk mengikuti kegiatan SMN di Jakarta. Mereka akan menjalani berbagai kegiatan, seperti pengenalan BUMN, kegiatan bela negara, pemanfaatan teknologi, juga mengunjungi objek wisata serta proyek-proyek BUMN di Jakarta dalam rangka memperluas wawasan mereka.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya