Buka Seleksi JPT Pratama, Kemensos Pastikan Profesional dan Akuntabel

Pelamar akan berkompetisi isi kekosongan tujuh JPT Pratama

Beberapa hari terakhir, Kementerian Sosial (Kemensos) membuka seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, perekrutan untuk mencari calon pejabat yang akan mengisi kekosongan tujuh jabatan. Berkaitan dengan hal ini, Kemensos memastikan proses dan tahapan rekrutmen jabatan di lingkungan kementerian berjalan profesional dan akuntabel.

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras mengatakan, tujuh jabatan yang akan diisi tersebut nantinya memiliki peran strategis sehingga para pejabat yang terpilih dipastikan benar-benar memiliki kompetensi yang dipersyaratkan sebagaimana terdapat di Standar Kompetensi Jabatan (SKJ) Kementerian Sosial.

“Untuk itu, kami menyusun sejumlah tahapan seleksi, yaitu seleksi administrasi, penilaian kompetensi dengan metode asesmen, dan uji makalah, serta tahap seleksi wawancara dan presentasi,” kata Hartono, di Jakarta, Senin (01/04/2019).

1. Panitia perekrutan akan melihat rekam jejak dan kompetensi pelamar

Buka Seleksi JPT  Pratama, Kemensos Pastikan Profesional dan Akuntabelelearn.id

Hartono menekankan, proses seleksi ini sejalan dengan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) No. 23 Tahun 2011 bahwa asesmen kompetensi berlaku selama dua tahun.

Pada tahapan Seleksi Administrasi, panitia perektrutan akan melihat rekam jejak pelamar JPT Pratama dan mengecek apakah yang bersangkutan memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan jabatan atau tidak.

2. Pengukuran kompetensi pelamar dilakukan dengan Metode Asesmen dan Uji Makalah

Buka Seleksi JPT  Pratama, Kemensos Pastikan Profesional dan Akuntabelmoondoggiesmusic.com

Setelah itu, Metode Asesmen dan Uji Makalah akan dilakukan untuk mengukur penilaian kompetensi pelamar.

“Terdapat dua kelompok peserta dalam penilaian kompetensi,” kata Hartono.

Pertama, kelompok peserta yang melanjutkan ke tahap Asesmen dan Uji Makalah serta kelompok peserta yang langsung melanjutkan ke tahap Uji Makalah.

“Kelompok peserta yang melanjutkan ke tahap Uji Makalah, yaitu peserta yang sudah melakukan asesmen  pada Kegiatan Seleksi Pengisian JPT Tahun 2017 dengan mengikuti tahap asesmen kompetensi pada tahun 2018,” kata Hartono.

3. Pelamar nantinya juga akan mempresentasikan makalah di hadapan panitia

Buka Seleksi JPT  Pratama, Kemensos Pastikan Profesional dan AkuntabelPexels/rawpixel

Pada tahap Seleksi Wawancara dan Presentasi, pelamar akan mempresentasikan makalah di hadapan panitia seleksi.

“Kementerian Sosial memerlukan orang-orang yang memiliki kompetensi dan memenuhi kualifikasi untuk mendudukinya,” tutur Hartono.

Untuk total jumlah pelamar seleksi ini, antara lain pendaftar online 52 orang, jumlah peserta yang memenuhi syarat 42 orang, peserta yang tidak memenuhi syarat 10 orang, dan peserta yang melanjutkan tahap uji kompetensi 32 orang.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya