Stabilkan Harga Cabai dan Bawang Merah, Kementan Gelar Operasi Pasar

Jelang Idulfitri harga kedua komoditas bergerak naik

Jakarta, IDN Times - Beberapa hari menjelang Hari Raya Idulfitri, harga cabai dan bawang merah di beberapa pasar eceran di Jakarta mulai bergerak naik. Hal tersebut disebabkan terganggunya distribusi ke pasar-pasar.

Berdasarkan pantauan harga dan pasokan untuk dua komoditas tersebut di Pasar Induk Kramat Jati,  Kamis (30/5/2019), masih normal, antara lain pasokan cabai rawit merah 53 ton, cabai merah keriting 39 ton, dan bawang merah 99 ton. Untuk harga masing-masing, yakni harga cabai rawit merah Rp13.000/kg, cabai merah keriting Rp24.000/kg, dan bawang merah Rp23.000/kg.

Harga saat ini pun di tingkat petani produsen diketahui masih normal. Menurut pantauan Kementan, harga cabai rawit merah dan cabai merah keriting di Tuban Jawa Timur Rp6.000/kg dan Rp13.000/kg, sedangkan bawang merah Brebes di Cirebon Rp20.000/kg dan bawang merah batu di Kabupaten Bandung Rp8.000/kg.

Berbeda dengan harga di Pasar Induk Kramat Jati, di tingkat pasar eceran di DKI Jakarta untuk cabai rawit merah Rp20.000–Rp50.000/kg, cabai merah keriting Rp30.000–Rp52.000/kg, dan bawang merah Rp30.000–Rp50.000/kg.  

1. 10 pasar eceran di DKI jadi sasaran operasi pasar Kementan

Stabilkan Harga Cabai dan Bawang Merah, Kementan Gelar Operasi Pasarunsplash.com/Gohrhyyan

Penyebab tingginya harga cabai dan bawang merah di pasar eceran kemungkinan karena sebagian pedagang mulai mengurangi pasokannya, pasar akan tutup selama Lebaran, dan sebagian pedagang termasuk pedagang keliling mulai mudik.

Demi menghadapi situasi ini, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan melakukan Operasi Pasar (OP) cabai dan bawang merah ke pasar-pasar eceran, terutama yang harga cabai dan bawangnya tinggi  (Rp 40.000–Rp.50.000/kg).

"Kami harus menjaga agar kebutuhan konsumen tetap terpenuhi dengan harga wajar menjelang hari H Idulfitri," ujar Kepala BKP Kementan Agung Hendriadi saat melepas OP di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu, Jakarta, Jumat pagi (31/5/2019).

Menurut Agung, ada 10 pasar eceran di DKI yang menjadi sasaran OP pada dari 31 Mei–2 Juni.

"Cabai dan bawang merah untuk kebutuhan OP didatangkan langsung dari petani di Tuban, Sumedang, Kabupaten Bandung, dan Cirebon," tutur Agung.

Dalam OP ini, harga cabai rawit merah dijual Rp10.000/kg, cabai merah keriting Tuban Rp 18.000/kg, cabai merah keriting Sumedang Rp20.000/kg, bawang merah brebes Rp22.000/kg, dan bawang merah batu Rp20.000/kg.

2. Kementan juga menyediakan pasokan kebutuhan pangan yang cukup dengan harga lebih rendah

Stabilkan Harga Cabai dan Bawang Merah, Kementan Gelar Operasi PasarIDN Times/Holy Kartika

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP, Risfaheri yang juga hadir di TTIC menjelaskan bahwa selain melakukan OP, BKP Kementan juga menyediakan pasokan kebutuhan pangan yang cukup dengan harga lebih rendah dari harga pasar di TTIC Pasar Minggu, Jakarta dan TTIC di Cimanggu, Bogor.

"TTIC ini tetap buka dari pukul 08.00 sampai pukul 14.00. Kami terus melayani pembeli sampai dua hari menjelang Idulfitri," tutur Risfaheri.

3. Kementan akan pantau pergerakan harga jelang Idulfitri

Stabilkan Harga Cabai dan Bawang Merah, Kementan Gelar Operasi PasarIDN Times/M.Idris

Menurut Agung, untuk wilayah di luar DKI, BKP sudah menginstruksikan kepada Dinas Ketahanan Pangan Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk memantau perkembangan harga pangan di wilayahnya dalam menghadapi Ramadan dan Idulfitri.

"Bila diperlukan lakukan OP dan Gelar Pasar Murah, bekerja sama dengan produsen/gapoktan dan distributor pangan untuk menjaga stabilitas harga pangan di wilayahnya. Kami selalu menjaga stabilitas harga pangan, selama Ramadan sampai pasca-Idulfitri, sehingga masyarakat dapat beribadah dengan tenang dan nyaman," tutur Agung.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya