Bom Meledak di Kuil Penganut Sufi Pakistan, Tiga Orang Tewas

Kelompok afiliasi Taliban mengaku bertanggung jawab

Lahore, IDN Times - Sebuah bom meledak di salah satu kuil sufi tertua yang berada di bagian timur kota terbesar kedua Pakistan, Lahore, pada Rabu (8/5/2019) pagi waktu setempat. Dilansir oleh laman kantor berita AFP, ledakan di tengah suasana bulan Ramadan tersebut menewaskan tiga orang dan melukai 15 orang lainnya.

Pihak kepolisan dan keamanan sendiri masih melakukan penyelidikan atas motif dan otak ledakan bom yang terjadi di dekat gerbang masuk pengunjung wanita kuil Data Barbar, salah satu pusat sufi terbesar di Asia Selatan yang sudah berdiri sejak abad ke-11. Tempat yang sama juga sudah pernah menjadi sasaran pada tahun 2010, di mana sebuah bom bunuh diri menewaskan lebih dari 40 orang.

1. Ledakan ini menewaskan tiga orang dan melukai 15 lainnya

Bom Meledak di Kuil Penganut Sufi Pakistan, Tiga Orang TewasReuters/Mohsen Raza

Kepolisian Lahore mengkonfirmasi bahwa ledakan yang terjadi tidak langsung membuat jatuhnya korban jiwa. Sebuah rekaman yang ditayangkan oleh stasiun televisi nasional PTV menunjukkan sejumlah kendaraan yang rusak dan sejumlah aparat keamanan tengah berjaga di tempat kejadian.

Salah satu pejabat polisi setempat, Muhammad Kashif, menyebut ledakan ini disinyalir merupakan serangan bom bunuh diri dengan target kendaraan milik petinggi aparat keamanan. "Kami sedang berusaha memperoleh lebih banyak detail dari TKP," pungkasnya. Turut dilaporkan jika kendaraan milik polisi juga menjadi sasaran.

2. Hizbul Ahrar, kelompok yang bertanggung jawab atas serangan tersebut, mengaku menargetkan polisi

Bom Meledak di Kuil Penganut Sufi Pakistan, Tiga Orang TewasThe New York Times

Serangan ini diklaim oleh Hizbul Ahrar, sebuah kelompok cabang Taliban di Pakistan. Mereka punya reputasi sebagai gerakan yang memerangi pemerintah selama bertahun-tahun. Dalam sebuah pernyataan tak lama setelah kejadian, kelompok tersebut mengatakan jika serangan ini menargetkan polisi dan telah diatur untuk menghindari korban sipil.

"Serangan ini dilakukan pada saat tidak ada warga sipil di dekat personil polisi," ujar Abdul Aziz Yousafzai, juru bicara kelompok Hizbul Ahrar, seperti dikutip dari Reuters. Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan, mengutuk serangan tersebut. Dirinya juga meminta pemerintah lokal setempat untuk membantu para korban.

3. Kuil sufi Data Barbar, sasaran serangan, sudah berdiri sejak abad ke-11

Bom Meledak di Kuil Penganut Sufi Pakistan, Tiga Orang TewasIndia Today

Serangan dari kelompok militan di Pakistan memang telah menurun tajam. Peristiwa besar terakhir serangan ke Taman Gulshan-e-Iqbal yang juga terletak di Lahore, dengan target umat Kristen yang tengah merayakan Paskah pada 2016 silam. Bom bunuh diri tersebut menewaskan 75 orang, di mana 29 di antaranya adalah anak-anak.

Para pejabat setempat memperingatkan jika ledakan yang mengguncang suasana kondusif pada hari Rabu ini menunjukkan perlunya kewaspadaan selama Ramadan. "Masyarakat harus tetap waspada dengan lingkungan tempat tinggal ketika sedang beribadah," kata seorang menteri provinsi Punjab, Mian Aslam.

Baca Juga: Densus 88 Amankan Bom dalam Toko Ponsel di Bekasi

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya