Comscore Tracker

Penyelidikan Insiden Pesawat Terbakar di Moskow Munculkan Fakta Baru

Kelalaian pilot disebut jadi salah satu penyebab utama

Moskow, IDN Times - Penyelidikan pihak berwenang atas tragedi pesawat maskapai Aeroflot di Bandara Sheremetyevo Moskow pada Senin (6/5/2019) kemarin kembali memunculkan fakta baru. Dilansir kantor berita Associated Press, kesalahan prosedur pendaratan darurat jadi salah satu penyebab selain sambaran petir.

Sang pilot yang bertugas waktu insiden tersebut, Denis Evdokimov, mengaku telah mengikuti tata cara pendaratan dengan muatan berlebih. Namun kru pesawat dilaporkan tidak membuang bahan bakar, yang umum dilakukan saat sebuah pesawat harus kembali ke landasan segera setelah lepas landas demi mencegah hal berbahaya.

1. Api menjalar di bagian belakang pesawat, sesaat setelah kembali mendarat di landasan pacu

Penyelidikan Insiden Pesawat Terbakar di Moskow Munculkan Fakta BaruRussian Investigative Commmittee/AP Photo/Handout

Evdomikov mengatakan tak yakin mengapa pesawat yang hendak bertolak dari kota Murmansk mendarat dengan keras di landasan. Sebuah video rekaman menunjukkan api memercik di bagian bawah burung besi saat mendarat. Sesaat kemudian, si jago merah langsung berkobar di bagian belakang pesawat jenis Sukhoi SSJ100 tersebut.

"Semuanya terjadi sangat cepat. Ada beberapa hantaman kuat setelah pesawat mendarat darurat, lalu muncul asap, dan api menjalar," kata salah satu korban selamat, Marina Sitnikova, kepada salah satu media lokal. Ketika laju akhirnya terhenti, beberapa orang langsung keluar dari badan pesawat dengan menggunakan seluncuran yang sudah tersedia.

Baca Juga: Pesawat Rusia Terbakar Saat Mendarat, 41 Orang Tewas

2. Pihak berwenang tengah mendalami insiden yang merenggut nyawa 41 penumpang tersebut

Penyelidikan Insiden Pesawat Terbakar di Moskow Munculkan Fakta BaruRussian Investigative Committee/AFP/Handout

Lebih lanjut, pesawat disebut putus komunikasi dengan menara pengawas akibat sambaran petir. Tetapi belum jelas apakah hal tersebut turut mempercepat pendaratan darurat. Kesaksian sang pilot turut dibenarkan oleh salah seorang pramugari. "Kami lepas landas, masuk ke awan, ada hujan es yang kuat, dan pada saat itu ada letupan dan semacam kilat, seperti listrik," tandas pramugari Tatiana Kasatnika dalam sebuah video yang diunggah ke YouTube.

Badai diketahui memang tengah terjadi di Moskow saat kejadian nahas tersebut. Kini pihak berwenang tengah penyelidiki insiden Aeroflot berbekal dua kotak hitam yang berhasil diselamatkan. Dilansir oleh laman AFP, para penyelidik tengah mendalami tiga kemungkinan utama yakni pilot yang kurang berpengalaman, gagal fungsi sejumlah peralatan serta cuaca buruk.

3. Pesawat Sukhoi seri SSJ100 memang kerap menjadi sorotan

Penyelidikan Insiden Pesawat Terbakar di Moskow Munculkan Fakta BaruAP Photo/Pavel Golovkin

Menurut keterangan dari pihak bandara, sebanyak 41 dari 78 penumpang tewas dalam kebakaran. Berdasarkan informasi dari FlightRadar42, pesawat yang baru dipakai selama setahun itu sempat mengudara dan berputar sebanyak 2 kali sebelum terpaksa kembali mendarat akibat situasi darurat. 

Maskapai Aeroflot pernah dikenal karena catatan keselamatan buruk. Namun citra mereka telah pulih dalam beberapa tahun terakhir. Peristiwa di Moskow kemarin bahkan jadi kecelakaan pertama dalam sepuluh tahun. Masalah justru hadir dari Sukhoi selaku produsen pesawat. Jenis SSJ100 acapkali bermasalah sejak diluncurkan pada tahun 2011.

Salah satu contohnya adalah insiden tahun 2012 silam. Salah satu pesawat yang sedang uji coba dalam pameran kedirgantaraan menabrak Gunung Salak, Jawa Barat. Sebanyak 45 orang penumpang dan awak tewas.

Baca Juga: Canggih! Ini 4 Fakta Pesawat Tempur Sukhoi Su-35

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya