Comscore Tracker

Pesawat Rusia Terbakar Saat Mendarat, 41 Orang Tewas

Dua anak dan seorang pramugari termasuk dalam korban tewas

Jakarta, IDN Times - Tragedi pesawat terbang kembali terjadi. Pesawat komersial Aeroflot pada Senin (6/5) mengalami kecelakaan. Ketika maskapai nasional Rusia itu hendak mendarat di Bandara Sheremetyevo di Moskow, tiba-tiba burung besi tersebut terbakar. 

Stasiun berita BBC edisi hari ini melaporkan, salah seorang penumpang di ruang tunggu sempat mengabadikan peristiwa mengerikan itu. Pesawat berhasil didaratkan oleh pilot dengan kondisi hampir separuh badannya dilalap api. 

Akibatnya sebanyak 41 penumpang dan kru dilaporkan tewas. Menurut laporan dari media Rusia, di antara korban tewas terdapat dua anak dan seorang pramugari. Lalu, apa saja perkembangan dari peristiwa tragis itu sejauh ini?

1. Ada 37 penumpang dan kru yang berhasil selamat dari tragedi itu

Pesawat Rusia Terbakar Saat Mendarat, 41 Orang Tewas(Maskapai Rusia Aeroflot) Moskva News Agency

Laman Moskow Times edisi hari ini melaporkan berdasarkan keterangan dari penyidik investigasi Rusia sebanyak 37 penumpang dan kru berhasil selamat dari tragedi mengenaskan itu. Sementara, sisa 41 penumpang dan kru tidak berhasil diselamatkan. 

Berdasarkan informasi keterangan perjalanan di bandara, pesawat yang mengangkut 78 penumpang itu tengah menuju ke kota Murmansk yang berada di timur laut Rusia. Pesawat lepas landas dari Moskow. 

Sementara, berdasarkan laporan media Rusia, Interfax, bagian ekor pesawat telah habis dilalap api. Tim penyelamat kini masih berupaya mengevakuasi penumpang yang diduga masih terjebak di dalam kabin pesawat. 

Baca Juga: Landasan Licin Karena Badai, Pesawat Boeing 737 Tercebur di Florida

2. Pilot sempat meminta kembali ke bandara asal gara-gara pesawat diduga tersambar petir

Pesawat Rusia Terbakar Saat Mendarat, 41 Orang Tewas(Pesawat Aeroflot terbakar saat melakukan pendaratan darurat) www.instagram.com/@artempetrovich

Menurut laporan dari kantor berita Rusia, TASS, yang mengutip pernyataan kabin kru menyatakan pesawat baru saja lepas landas menuju kota Murmansk. Namun, pilot tiba-tiba mengabarkan petugas di bandara bahwa mereka harus melakukan pendaratan darurat.

Menurut informasi dari kru kabin, pesawat sempat tersambar petir sebelum mendarat di bandara. 

3. Pesawat Aeroflot itu baru berusia satu tahun

Pesawat Rusia Terbakar Saat Mendarat, 41 Orang Tewas(Pesawat Aeroflot terbakar di Bandara di Moskow) www.instagram.com/@artempetrovich

Informasi yang diperoleh dari Moskow Times menyebut pesawat jenis Sukhoi itu baru berusia 1 tahun dan dianggap laik terbang. Situs pelacak penerbangan pesawat, FlightRadar42 menyebut pesawat dengan nomor registrasi RA-89098 sempat membuat dua putaran dan mengudara selama 45 menit. Kemudian, mereka meminta agar bisa dilakukan pendaratan darurat. 

4. Penyidik masih melakukan investigasi terkait peristiwa terbakarnya pesawat Aeroflot

Pesawat Rusia Terbakar Saat Mendarat, 41 Orang Tewas(Pesawat Aeroflot Rusia terbakar saat melakukan pendaratan. 41 orang dilaporkan tewas) ANTARA FOTO/Twitter @Justin Goslin via REUTERS

Saat ini, penyidik tengah melakukan penyelidikan terhadap peristiwa terbakarnya pesawat Aeroflot tersebut. Mereka tengah menelusuri apa yang menjadi penyebab pesawat itu bisa terbakar dan mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. 

Dari gambar yang terekam dan ditampilkan di televisi menunjukkan pesawat dengan keadaan ekornya terbakar berhasil melakukan pendaratan darurat. Asap langsung mengepul ke udara begitu pesawat berada di landasan pacu. 

Baca Juga: Tiket Mahal, Jumlah Penumpang Pesawat di Makassar Justru Meningkat  

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya