Korban Tewas Akibat Kebakaran di Australia Telah Mencapai Empat Orang

Kebakaran turut memicu debat sengit di parlemen Australia

Sydney, IDN Times - Kebakaran yang berkecamuk di timur Australia kembali memakan korban jiwa. Dilansir oleh kantor berita Reuters, pihak kepolisian menemukan jasad seorang pria yang tewas terbakar di dalam area semak belukar negara bagian New South Wales pada hari Kamis (14/11).

Si jago merah dilaporkan telah melahap sekitar 1 juta hektar lahan pertanian dan semak-semak selama sepekan terakhir. Menurut para ilmuwan, kebakaran ini dipicu kondisi kering kerontang akibat kemarau selama tiga tahun belakangan. Perubahan iklim turut disebut sebagai salah satu faktor penyebab.

1. Titik api tersebar dari pesisir pantai utara hingga pinggiran kota metropolitan Sydney

Korban Tewas Akibat Kebakaran di Australia Telah Mencapai Empat OrangMobil pemadam kebakaran. Instagram.com/nswrfs/Wolter Peeters

Menurut Al Jazeera, tidak diketahui kapan pria tersebut meninggal. Menurut kepolisian negara bagian New South Wales, jenazah tersebut ditemukan oleh warga setempat di dekat kota Kempsey pada Selasa (13/11) malam.

"Identitas pria tersebut belum dikenali, namun jenazah diyakini sebagai seorang pria berusia 58 tahun yang tinggal di sebuah gudang di dekat lokasi kebakaran," demikian keterangan tertulis dari kepolisian.

Kempsey, yang berjarak lebih dari 400 km di utara Sydney, telah menderita kekeringan ekstrim selama beberapa pekan terakhir. Kebakaran selama beberapa hari terakhir telah menghanguskan lebih dari 300 rumah. Titik api tersebar dari wilayah pantai utara hingga pinggiran kota metropolitan Sydney.

2. Personel damkar negara bagian New South Wales tengah bersiap menghadapi kemungkinan terburuk

Korban Tewas Akibat Kebakaran di Australia Telah Mencapai Empat OrangDi Australia, kebakaran hutan biasa memang sudah lumrah terutama di musim panas sebab cuaca yang kering.Instagram.com/nsw_fireupdates

Di Australia, kebakaran hutan biasa memang sudah lumrah terutama di musim panas sebab cuaca yang kering. Namun peristiwa kali ini mengejutkan banyak orang lantaran terjadi di pertengahan musim semi.

Shane Fitzsimmons, Komisaris Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan New South Wales, sudah bersiap menghadapi kemungkinan terburuk. "Kami sadar bahwa sains menunjukkan musim kebakarang dimulai lebih cepat, dan akan berlangsung lebih lama," katanya.

Ketika kebakaran di timur mulai mereda, suhu di bagian pantai barat Australia diperkirakan akan meningkat pada hari Kamis (14/11), dengan suhu bisa mencapai 43 derajat Celcius. Selain itu, pihak berwenang tengah memantau kebakaran di pinggiran kota Karratha, negara bagian Western Australia.

3. Bencana kebakaran rupanya memicu debat sengit di parlemen Australia

Korban Tewas Akibat Kebakaran di Australia Telah Mencapai Empat OrangPersonil damkar sibuk berjibaku memadamkan api. Instagram.com/nsw_fireupdates

Di saat personil damkar sibuk berjibaku memadamkan api, bencana kebakaran rupanya memicu perdebatan sengit di parlemen Australia. Partai Liberal yang berkuasa terlibat adu argumen dengan partai kecil Australian Greens pengusung kebijakan pro-lingkungan hidup.

AFP melansir, Wakil Perdana Menteri Michael McCormack pada awal pekan ini menanggapi argumen Greens perihal kaitan kebakaran dengan dukungan pemerintah atas industri batubara lewat pernyataan bernada sindiran.

"Kita tidak perlu ocehan dari beberapa aktivis lingkungan asal perkotaan yang sudah tercerahkan, ketika (orang-orang) sedang berusaha menyelamatkan rumah mereka," ujarnya.

Baca Juga: Ijen Kebakaran, Burung hingga Macan Kumbang Turun Gunung

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya