Jelang KTT ASEAN, Timor Leste Perdana Ikut Sidang Pilar Sosial-Budaya

Timor Leste nyatakan siap jaga stabilitas ASEAN

Denpasar, IDN Times - Timor Leste untuk kali pertama mengikuti Sidang Dewan Menteri Pilar Sosial Budaya ASEAN yang diwakili langsung oleh Wakil Menteri Sosial dan Inklusi, Signi Chandrawati Verdial.

Saat menyampaikan opening remarks pada sidang ASEAN Socio Cultural Community (ASCC) 2023 di Nusa Dua Bali, Signi, berterima kasih atas peningkatan keterlibatan Timor Leste dalam mekanisme ASEAN.

"Atas nama pemerintahan Timor Leste, saya ingin berterima kasih kepada para pemimpin atas dukungan dan komitmen yang tak tergoyahkan kepada Timor Leste dalam upaya kami untuk bergabung menjadi anggota ASEAN," ujarnya di Nusa Dua Bali, Senin (8/5/2023).

1. Timor Leste siap ikut serta menjaga stabilitas ASEAN

Jelang KTT ASEAN, Timor Leste Perdana Ikut Sidang Pilar Sosial-BudayaWakil Menteri Sosial dan Inklusi, Timor Leste Signi Chandrawati Verdial dalam acara cultural visit di Garda Wisnu Kencana Cultural Park. (IDN Times/Amir Faisol)

Signi menyatakan Timor Leste siap berpartisipasi untuk menjaga stabilitas dan pertumbuhan ASEAN. Dia juga yakin bahwa Keketuaan Indonesia akan memberikan dampak positif bagi ASEAN.

“Timor Leste juga menyatakan siap berpartisipasi untuk menjaga stabilitas dan pertumbuhan ASEAN,” kata dia.

Baca Juga: Warga Timor Leste Kini Bisa Masuk Indonesia dengan Bus dari NTT

2. Timor Leste didorong segera jadi anggota ASEAN

Jelang KTT ASEAN, Timor Leste Perdana Ikut Sidang Pilar Sosial-BudayaMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di ASEAN Secretariat. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sejak awal tahun 2023, pejabat tinggi negara ASEAN terus mematangkan pembahasan lebih lanjut untuk menerima Timor Leste sebagai anggota penuh.

Para Pejabat Tinggi ASEAN bertukar pandangan mengenai konsep Peta Jalan menuju keanggotaan penuh Timor Leste.

Mereka mengharapkan agar roadmap atau Peta Jalan dapat disusun secara singkat, jelas, realistis, dan memiliki kerangka waktu.

"Semua pejabat tinggi ASEAN menginginkan Timor Leste untuk segera menjadi negara anggota ASEAN," kata Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Sidharto Suryodipuro.

3. Timor Leste jadi anggota baru ASEAN

Jelang KTT ASEAN, Timor Leste Perdana Ikut Sidang Pilar Sosial-BudayaBendera negara anggota ASEAN. (IDN Times/Sonya Michaella)

Diketahui, ASEAN secara sah mengakui masuknya Timor Leste menjadi anggota baru. Dengan masuknya Timor Leste, berarti anggota ASEAN saat ini berjumlah 11 negara.

Kesepakatan ini akhirnya tercapai pada KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, yang digelar mulai hari ini, Jumat (11/11/2022).

“Para pemimpin ASEAN juga sepakat untuk memberikan status pemantau bagi Timor Leste di mana Timor Leste diizinkan untuk turut serta dalam semua pertemuan ASEAN," sebut pernyataan yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Pertamina Jamin Pasokan Avtur Pesawat Delegasi KTT ASEAN

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya