TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Semester Pertama 2022: Setiap Harinya 70 Warga Afsel Tewas Dibunuh

Motif pembunuhan beragam, ada hasutan dan main hakim sendiri

ilustrasi bendera Afrika Selatan (pixabay.com/David_Peterson)

Jakarta, IDN Times - Tingkat pembunuhan di Afrika Selatan mengalami peningkatan. Kepolisian Afrika Selatan pada Jumat (19/8/2022) melaporkan, terdapat hampir 70 pembunuhan per hari pada paruh pertama 2022. 

Jumlah ini naik 16 persen dari tahun lalu dan dianggap sebagai hal yang sangat mengerikan. Situasi ini membuat kepolisian setempat akan memperketat pengamanan di berbagai wilayah. 

Baca Juga: Kronologi Penembakan Brutal di Afrika Selatan yang Tewaskan 19 Orang

1. Ada 6.424 warga Afrika Selatan yang dibunuh pada awal 2022

Ilustrasi Garis Polisi (IDN Times/Mardya Shakti)

Kepala Kepolisian Afrika Selatan, Bheki Cele, mengumumkan bahwa jumlah pembunuhan di negara itu masih tinggi dan mengkhawatirkan. Dia mengatakan bahwa 6.424 orang dibunuh oleh orang lain di Afrika Selatan pada kuartal pertama 2022.

Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 16,5 persen jika dibandingkan pada 2021. Ada rata-rata 65 pembunuhan sehari sepanjang tahun lalu.

"Jumlah pembunuhan di negara ini tetap tinggi dan mengkhawatirkan," katanya dilansir Al Arabiya News.

2. Berbagai motif kasus pembunuhan di Afrika Selatan pada 2022

Ilustrasi Pistol (IDN Times/Mardya Shakti)

Terdapat berbagai motif pembunuhan yang terjadi di Afrika Selatan selama 2022. Adu argumen, kesalahpahaman, hasutan, dan balas dendam adalah motif utama pembunuhan di negara tersebut. Ada juga alasan main hakim sendiri, kata Cele.

Provinsi KwaZulu-Natal mencatat jumlah pembunuhan ganda tertinggi, diikuti oleh Gauteng dan Eastern Cape, dilansir The Citizen Afrika Selatan.

Pembunuhan ganda adalah istilah khusus untuk menyebut kejahatan yang korbannya lebih dari dua orang. 

Mayoritas pembunuhan yang terjadi di Afrika Selatan dilakukan dengan senjata api. Kantor kepolisian Umlazi, Plessislaer di KwaZulu-Natal, dan kantor Mthatha di Eastern Cape mencatat kasus pembunuhan tertinggi selama periode 2022 ini. Data menunjukkan bahwa ada 221 kasus pembunuhan di tiga wilayah tersebut. 

Baca Juga: Perwakilan Afrika Selatan Raih Mahkota Miss Supranational 2022

Verified Writer

Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya