TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Serangan Kelompok Separatis, 10 Tentara Kamerun Tewas

Masih berlanjutnya krisis Anglophone di Kamerun

Bendera Kamerun. (instagram.com/tourismocameroun)

Yaoundé, IDN Times - Sebuah serangan kelompok separatis pada sebuah markas kepolisian terjadi di bagian Barat Daya Kamerun. Peristiwa berdarah ini bahkan telah mengakibatkan setidaknya beberapa personil militer Kamerun tewas. 

Sejak pertengahan Mei lalu, militer Kamerun sudah melakukan operasi militer bernama Bui Clean yang bertujuan meringkus kelompok separatis atau pemberontak di bagian selatan negara. 

1. Sebabkan 10 tentara Kameriun tewas

Pada hari Sabtu (26/06/2021) sebuah serangan terjadi di Kamerun Barat Daya yang menyasar sebuah pos polisi. Serangan kali ini diakibatkan oleh kelompok separatis Ambazonia yang sudah memulai pemberontakan sejak September 2017 lalu pada bagian Barat Laut dan Barat Daya. 

Akibat insiden serangan kelompok bersenjata ini setidaknya sepuluh personil militer Kamerun tewas. Bahkan serangan ini terjadi sesaat setelah pasukan tersebut baru saja selesai dalam melaksanakan operasi Bui Clean, dilansir dari Africa News.  

Baca Juga: Perang Kamerun Kembali Pecah, 15 Orang Dikabarkan Tewas

2. Dimulainya Operasi Bui Clean di Kamerun

Tentara Kamerun saat menggelar latihan militer. (twitter.com/EtatMajorFR)

Dikutip dari AllAfrica, kejadian ini berlangsung dalam Operasi Bui Clean yang dilakukan oleh militer Kamerun sejak 15 Mei dan memiliki tujuan untuk membersihkan area yang sebelumnya dikuasai kelompok separatis. Pada operasi militer ini ditemukan sejumlah amunisi, sepeda motor, serta berbagai perlengkapan lain untuk membuat bom. 

Operasi Bui Clean dibawah kendali Region Militer ke 5 yang memiliki pos komando di Bamenda. Pada operasi tersebut telah memobilisasi 300 personil militer di area Vekovi, Mbiame, Ibal- Oku dan sejumlah area di Nwa. Sementara operasi ini disebut berguna untuk menormalisasi wilayah Bui, Kamerun. 

Baca Juga: Perang Kamerun Kembali Pecah, 15 Orang Dikabarkan Tewas

Verified Writer

Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya