TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pejabat Rusia Jadi Kandidat Kuat Pemimpin Interpol Baru

Banyak dari pihak yang menentang jika ia terpilih

twitter.com/KyivPost

Moskow, Rusia, IDN Times - Seorang pejabat Rusia, Alexander Prokopchuk, didaulat sebagai kandidat kuat pemimpin Interpol pada periode baru. Sayangnya, jika Prokopchuk benar-benar ditunjuk sebagai pemimpin Interpol, banyak sekali pihak yang menentang terpilihnya dia. Apa sebabnya?

1. Ini adalah alarm bagi Uni Eropa dan Amerika Serikat

twitter.com/AlexKokcharov

Dilansir dari CNN, badan kepolisian internasional, Interpol, diperkirakan akan memilih kandidat kuat yang tak lain dari seorang pejabat Rusia, Alexander Prokopchuk. Jika benar ditunjuk, ini adalah sebuah alarm bagi Uni Eropa dan Amerika Serikat akan resiko jika pihak Rusia turut ikut campur. 

Sebanyak 194 negara anggota Interpol telah berkumpul di Dubai pada Kongres Tahunan mereka serta akan mengadakan pemilihan pada hari Rabu waktu setempat. Ada dua kandidat resmi yang mengikuti pemilihan ini namun pemungutan suara secara luas diperkirakan akan mengarahkan dukungan ke Alexander Prokopchuk, seorang mayor jenderal serta merupakan salah satu dari 4 wakil pemimpin Interpol saat ini.

2. Menunjuk Prokopchuk sama saja dengan menempatkan rubah dalam kandang ayam

twitter.com/RusEmbUSA

Beberapa oposisi terkuat terhadap pencalonan Prokopchuk datang dari sekelompok 4 orang senator Amerika Serikat yang mengeluarkan pernyataannya berupa penolakan pencalonannya. Mereka mengatakan memilih dia diibaratkan seperti memilih rubah yang bertanggung jawab atas kandang ayam. 

Menurut mereka, Rusia bisa saja menyalahgunakan Red Notiice. "Rusia secara rutin menyalahgunakan Interpol untuk tujuan menyelesaikan skor dan melecehkan lawan politik, pembangkang dan jurnalis," ungkap pihak oposisi seperti yang dikutip dari BBC. Sedangkan pihak Rusia sendiri membantah pernah menyalahgunakan penggunaan Red Notice Interpol dan mengatakan oposisi publik sama dengan campur tangan dalam proses pemilihan.

Baca Juga: Kapal Induk Rusia Tertimpa Derek di Murmansk

Verified Writer

Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya