TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Korsel Tangkap 4 Pembelot Korut di Perbatasan Laut

Mereka melakukan perjalanan dengan kapal kayu

bendera Korea Selatan (unsplash.com/Stephanie Nakagawa)

Jakarta, IDN Times - Empat warga Korea Utara dilaporkan melintasi perbatasan maritim antar-Korea di Laut Timur pada Selasa (24/10/2023) pagi. Mereka ditemukan oleh Penjaga Pantai Korea Selatan berdasarkan laporan dari kapal nelayan.

Pejabat pemerintah Korea Selatan mengatakan, mereka melakukan perjalanan laut dengan kapal kayu kecil dan menyatakan niatnya untuk membelot.

Pembelotan warga Korea Utara telah menjadi titik buruk dalam hubungan kedua Korea. Seoul menerima mereka yang memilih untuk bermukim kembali di Selatan, namun Pyongyang menuding bahwa warganya ditahan di Selatan tanpa keinginan mereka dan menuntut agar mereka dipulangkan.

Baca Juga: Korsel Tandatangani Kerja Sama dengan Saudi Senilai Rp247 Triliun

1. Diserahkan kepada tim investigasi gabungan pemerintah Korea Selatan

Menurut Penjaga Pantai Korea Selatan, kapal penangkap ikan yang beroperasi sekitar 11 kilometer di lepas pantai timur kota Sokcho, Provinsi Gangwon, melaporkan keberadaan kapal Korea Utara itu sekitar pukul 7:10 pagi kepada Penjaga Pantai.

Kapal patroli Penjaga Pantai segera tiba di lokasi kejadian, di mana mereka memverifikasi keberadaan empat warga Korea Utara di dalamnya. Penjaga Pantai kemudian menyerahkan orang-orang tersebut kepada tim investigasi gabungan pemerintah Korea Selatan.

2. Keempat warga Korut satu keluarga

Dilansir The Korea Herald, penilaian awal yang dilakukan oleh pemerintah Korea Selatan menunjukkan bahwa keempat individu tersebut merupakan satu keluarga. Mereka terdiri dari seorang pria dan tiga perempuan.

Keempat warga tersebut kini sedang menjalani penyelidikan oleh pemerintah. Hal ini bertujuan untuk memahami motif di balik pembelotan mereka, dan menilai keinginan tulus mereka untuk melarikan diri dari Korea Utara.

Baca Juga: AS-Korsel-Jepang Latihan Militer Bareng Hadapi Ancaman Nuklir Korut

Verified Writer

Fatimah

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya