TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Indonesia dan Yordania Sepakat Isu Palestina Jadi Prioritas Utama

Solusi dua negara diharapkan selesaikan konflik Palestina

Menlu Retno Marsudi hadiri KTT ke-8 ASEAN-Amerika Serikat (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Jakarta, IDN Times - Wakil Perdana Menteri/Menlu Yordania Ayman Safadi memastikan isu Palestina akan menjadi prioritas utama bilateral dengan Indonesia. Ayman berjanji, bersama Indonesia akan masalah Palestina ini ke komunitas internasional dan organisasi Islam dunia.

"Masalah Palestina adalah prioritas utama kami dan kami memiliki kesepakatan mutlak bahwa Palestina adalah tujuan utama," kata Ayman dalam konferensi pers, Selasa (9/2/2021).

Baca Juga: Mahmoud Abbas Umumkan Pemilu Palestina Setelah 15 Tahun

1. Tekankan solusi dua negara

Perdana Menteri Palestina, Mohammad Shtayyeh, yang terus mengupayakan segala cara diplomatik guna mencari kedamaian bagi Palestina. twitter.com/PalestinePMO

Ayman menekankan, Yordania dan Indonesia sepakat masalah Palestina dan Israel akan selesai dengan solusi two-state solution atau dua negara. "Dan (masalah) ini tidak akan tercapai tanpa menyelesaikan masalah Timur Tengah dan solusi dua negara," ucapnya.

Untuk kamu ketahui, konflik Israel-Palestina bisa diibaratkan terjadi karena dua orang saling berebut sebuah wilayah. Kemudian, sesuatu yang lebih rumit muncul di mana keberadaan Palestina sebagai suatu negara berdaulat dianggap mengancam oleh Israel dan begitu juga sebaliknya.

Dengan solusi dua negara, artinya, masing-masing pihak mendapatkan satu negara. Mereka yang mendukung two-state solution melihat kemenangan untuk dua pihak yang berkonflik tanpa saling menghancurkan: Israel tetap menjadi negara Yahudi yang demokratis dan Palestina memiliki wilayahnya sendiri yang berdaulat.

Baca Juga: Joe Biden Tegaskan AS Dukung Kemerdekaan Israel dan Palestina

2. Yordania optimistis dengan pemerintahan baru Amerika Serikat di bawah Biden

Dok. IDN Times

Ayman juga optimis dengan pemerintahan baru Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Joe Biden akan segera mengatasi konflik Palestina dan Israel ini.

"Pernyataan yang kami dengar sangat positif, menyatakan adil dan jelas bahwa pemerintah AS ingin bekerja untuk menciptakan lingkungan yang menguntungkan untuk memulihkan negosiasi kedua negara," ujar Ayman.

Baca Juga: RI Kucurkan Dana Rp36,7 Miliar untuk Bantu Palestina Sepanjang 2020

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya