TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

CDC: Bahaya Salmonella, Jangan Terlalu Dekat dengan Unggas

Gejala dapat berupa demam, kram perut, muntah, dan diare

Foto kawanan ayam. (Unsplash.com/Dani Millington)

Washington, IDN Times - Badan kesehatan AS, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pada hari Kamis (20/5/2021) menghimbau orang-orang untuk tidak terlalu dekat dengan unggas di halaman karena khawatir bahwa unggas, seperti ayam dan bebek mungkin menyebarkan bakteri Salmonella.

Saat ini CDC dan petugas kesehatan sedang melakukan penyeledikan wabah Salmonella setelah 163 orang dilaporkan mengalami sakit di 43 negara bagian.

1. Kuman mudah menyebar di kandang dan tempat unggas berkeliaran

Foto tiga ekor ayam di dalam kandang. (Unsplash.com/The Brewers)

Melansir dari The Hill, CDC telah menyamapaikan agar jangan mencium atau meringkuk unggas yang dipelihara di halaman. Badan kesehatan itu juga menghibau untuk tidak makan atau minum di sekitar mereka, yang dikhawatirkan bahwa itu bisa menyebarkan bakteri Salmonella ke mulut dan menyebabkan sakit. Setelah bersentuhan dengan unggas juga disarankan untuk segera mencuci tangan.

CDC juga menyarankan meskipun unggas terlihat sehat dan bersih, tapi kuman masih dapat dengan mudah menyebar di daerah tempat mereka tinggal dan berkeliaran.
CDC memperkirakan bahwa mungkin ada lebih banyak kasus yang tidak diketahui, karena hanya sedikit orang yang dites untuk infeksi bakteri yang dapat menyebabkan demam, kram perut, muntah, dan diare. Dalam kasus yang parah juga bisa menyebabkan kematian.

Baca Juga: 6 Tips Cegah Penyakit pada Perut Akibat Infeksi Salmonella

2. Anak-anak lebih mudah sakit karena salmonella

Ilustrasi anak yang sakit karena bakteri Salmonella. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Melansir dari CNBC News, walaupun tidak ada korban jiwa dalam kasus wabah terbaru, tapi sepertiga dari mereka yang sakit adalah anak-anak di bawah usia 5 tahun. CDC telah menyampaikan bahwa individu yang berusia kurang dari 5 tahun atau lebih dari 65 tahun lebih mungkin mengalami penyakit yang lebih parah dan berisiko lebih tinggi untuk dirawat di rumah sakit.

Anak-anak diketahui lebih cenderung mudah sakit karena Salmonella, dan menyarankan untuk mengawasi mereka di sekitar kawanan, dan mencegah anak-anak di bawah usia 5 tahun menyentuh unggas. 

Baca Juga: Bakteri Salmonella: Ini 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentangnya

Verified Writer

Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya