TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Putin Belum Putuskan Ikut Pilpres Rusia 2024

Akankah Putin menjadi presiden seumur hidup?

Presiden Federasi Rusia, Vladimir Putin. twitter.com/KremlinRussia_E

Jakarta, IDN Times - Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin menyampaikan bahwa dirinya belum menentukan akan kembali bertanding dalam perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) Rusia 2024.

Pernyataan itu disampaikan Putin, Selasa (30/11) ketika sedang menghadiri forum investasi secara daring di Kota Moskow.

Dikutip dari Reuters, masa jabatan Putin sebagai Presiden Rusia akan rampung pada 2024 mendatang. Walaupun begitu, ia masih diperbolehkan untuk mencalonkan diri sebagai calon presiden berkat perubahan konstitusi yang didukung oleh Parlemen Rusia. 

1. Partisipasi Vladimir Putin dilindungi Konstitusi Rusia

Ilustrasi Konstitusi Federasi Rusia. twitter.com/Russia

Sebelumnya masa jabatan presiden di Rusia hanya diizinkan dua periode berturut-turut.

Namun pada April 2021, Parlemen Rusia secara bulat menyetujui amandemen peraturan tersebut. Perubahan itu secara gamblang mengizinkan perpanjangan masa jabatan presiden hingga dua periode tambahan atau dalam kata lain empat periode berturut-turut. 

Melansir The Moscow Times, berkat perubahan di Konstitusi Rusia maka Presiden Vladimir Putin dilindungi haknya untuk memperpanjang masa jabatan hingga 2036. 

Apabila Putin berhasil terpilih dalam Pilpres Rusia 2024 maka dirinya dipastikan menjadi pemimpin terlama Rusia melampaui Josef Stalin. 

Baca Juga: Vladimir Putin Khawatir Aktivitas Militer NATO di Ukraina 

2. Belajar dari pernyataan Presiden Joe Biden

Presiden AS, Joe Biden. twitter.com/JoeBiden

Meskipun bisa melanjutkan pemerintahannya jika terpilih pada 2024 nanti, namun untuk saat ini Putin belum dapat memutuskan. 

"Apakah saya melakukan ini atau tidak belum diputuskan, tetapi keberadaan hak ini (mencalonkan diri) sudah menstabilkan situasi politik dalam negeri," ujar Presiden Vladimir Putin seperti yang dilansir dari Reuters

Di sisi lain, Putin juga menyorot pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang disebut akan mencoba kembali mencalonkan diri pada Pilpres AS di masa depan. Meskipun begitu, Vladimir Putin belum ingin membahas lebih lanjut terkait pilpres karena dianggap hanya akan merugikan pemerintahan negara.

Baca Juga: Parlemen Rusia Setuju Pemberian RUU Kebal Hukum untuk Vladimir Putin

Verified Writer

Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya